Hobi | Detail

Sportpedia:Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani dan Manfaatnya

Andika Rachmansyah
Selasa, 14 September 2021, 06:05 WIB
Sportpedia:Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani dan Manfaatnya
Memahami unsur-unsur kebugaran jasmani dan manfaatnya akan membantu memaksimalkan olahraga. (Foto: merry-green)

MENGETAHUI unsur-unsur kebugaran jasmani dan manfaatnya akan memudahkan kita dalam melakukan aktivitas fisik. Sebab, kebugaranjasmani merupakan kemampuan seseorang tetap bisa menghadapi beban fisik yang didapatkan tanpa merasa kelelahan. 

Jika seseorang memiliki kebugaran jasmani yang baik, maka dia dapat melakukan aktivitas dengan lancar. Tentunya, kebugaran jasmani menjadi hal penting untuk tiap orang agar tubuh sehat selalu. 

Kebugaran jasmani memiliki tujuan untuk mempertahankan, meningkatkan, dan mengembangkan, kesehatan seseorang. Berikut adalah unsur-unsur dan manfaat kebugaran jasmani: Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani

 1. Kekuatan

Kekuatan atau strength merupakan kondisi tubuh ketika memakai otot guna memaksimalkan tenaga dalam melaksanakan sebuah aktivitas fisik. Untuk mendapatkan otot yang kuat bisa dilatih dengan latihan berat secara rutin dan konsisten. 

Contoh latihan ini adalah push-up, sit-up, dan back-up. Sedangkan untuk olahraga yang memerlukan kekuatan diantara lainnya adalah tolak peluru dan angkat besi.

2. Daya Otot

Daya otot merupakan kemampuan seseorang dalam memanfaatkan kekuatan maksimum dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Daya otot berkaitan dengan sistem anaerobik dalam proses pemenuhan kebutuhan energi. 

Latihan yang cocok seperti vertical jump, front jump, dan side jump. Daya otot adalah unsur kebugaran yang penting ketika atlet akan melakukan start atau melakukan tolakan saat berolahraga.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 1.2093 seconds [12]