Hobi | Detail

Sportpedia: Tujuan Utama Lompat Jauh, Sudah Dimulai 1896 

Tim Sportstars
Selasa, 16 November 2021, 22:34 WIB
Sportpedia: Tujuan Utama Lompat Jauh, Sudah Dimulai 1896 
Atlet Swedia Khaddi Sagnia berusaha mencapai titik jatuh terjauh yang menjadi tujuan utama lompat jauh. (Foto: @@Gloria_Sports)

SEBAGAI salah satu olahraga tertua di dunia, tujuan utama lompat jauh adalah mencatatkan jarak paling jauh antara balok tumpuan atau tolakan dengan titik jatuh seorang pelompat pada bak pasir. Olahraga ini telah menjadi bagian sejak Olimpiade pertama di Yunani pada 1896.  

Bedanya, saat itu, cara pelaksanaan cabang olahraga lompat jauh sedikit berbeda dengan sekarang. Atlet harus membawa beban di masing-masing tangan. Beban ini diayunkan ke depan saat lepas landas dan dilepaskan di tengah lompatan dalam upaya meningkatkan momentum.

Ssedangkan dalam kompetisi saat ini, lompat jauh diawali dengan start berlari pada landasan pacu, melompat di udara pada titik peluncuran yang ditentukan, dan mencoba mencapai jarak maksimum sebelum mendarat di lubang pasir. Jarak yang ditempuh, dari tepi papan hingga mendarat di pasir, kemudian diukur.

Seorang pelajar melakukan olahraga lompat jauh. (Foto: @DIAdubai)

Seorang pemenang ditentukan dari siapa peserta dengan jarak lompatan terjauh. Sedangkan sebuah pelanggaran dilakukan dan lompatan tidak diukur jika seorang atlet melangkah di luar papan. Dalam lompat jauh, terdapat beberapa macam gaya yang sering dipergunakan oleh para pelompat. 

Gaya-gaya tersebut terdiri dari gaya jongkok, gaya menggantung atau disebut gaya lenting, dan gaya berjalan di udara. Perbedaan antara gaya lompatan yang satu dengan yang lainnya ditandai oleh keadaan sikap badan si pelompat pada waktu melayang di udara.

Pada pelaksanaannya, cabang olahraga ini merupakan perpaduan dari kecepatan, ketepatan, daya tahan, serta ketapan. sehingga tujuan utama lompat jauh adalah mencatatkan jarak paling panjang antara balok tumpuan atau tolakan dengan titik jatuh seorang pelompat pada bak pasir. (rania adyanti)

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1754 seconds [12]