Basket | Detail

Sportpedia: Tujuan Permainan Bola Basket

Hasyim Ashari
Senin, 30 Agustus 2021, 22:29 WIB
Sportpedia: Tujuan Permainan Bola Basket
Tujuan Permainan Bola Basket (Foto: Reuters)

TUJUAN permainan bola basket ada beberapa macam. Sebagai informasi, basket merupakan olahraga yang mengandalkan kerja sama tim untuk memasukkan bola ke dalam ring. Selain meningkatkan kerja sama tim, permainan bola basket juga bertujuan untuk memenangkan pertandingan.

Itulah mengapa tujuan permainan bola basket juga akan menciptakan solidaritas dan kekompakan dalam sebuah kelompok atau tim. Tak hanya itu saja, masih ada lagi tujuan dari permaian bola basket, apa saja? Sportstars.id telah merangkum ulasannya berikut ini.

1. Basket bertujuan untuk melatih seluruh otot tubuh 

Olahraga bola basket adalah olahraga dengan intensitas tinggi dan melatih seluruh tubuh melalui kegiatan lari, melompat, keterampilan koordinasi tangan dan mata dari dribble dan pass, serta menembak bola.

Bergerak secara terus menerus dalam suatu permainan membantu meningkatkan ketahanan tubuh dan perkembangan otot. Latihan-latihan ini juga membantu meningkatkan kapasitas aerobik, tenaga, dan metabolisme di mana semuanya menyebabkan meningkatnya daya konsentrasi.

2. Basket bertujuan untuk melatih sikap sportif

Sportifitas merupakan sikap yang sangat penting baik di dalam maupun di luar lapangan. Permainan bola basket yang baik memberikan dampak positif bagi lingkungan terutama sikap sportif.

Dalam permainan bola basket diajarkan untuk selalu bersalaman dengan para pemain dari tim lawan dan para wasit setelah setiap pertandingan dan belajar untuk mengambil tanggung jawab atas performanya sendiri daripada menyalahkan orang lain. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1322 seconds [13]