Hobi | Detail

Sportpedia: Teknik Start dalam Jalan Cepat

Tim Sportstars
Kamis, 11 November 2021, 23:29 WIB
Sportpedia: Teknik Start dalam Jalan Cepat
Teknik start dalam jalan cepat penting agar mendapatkan hasil terbaik. (Foto: Istimewa)

TEKNIK start dalam jalan cepat sangat penting dikuasai untuk bisa mendapatkan hasil terbaik saat balapan. Jalan Cepat dilakukan dengan jalan terus menerus kedepan tanpa jeda dengan posisi badan tegap dan lurus dan salah satu kaki bergantian menyentuh tanah. Apalagi jalan cepat juga menjadi cabang olahrga yang dipertandingan di multievent termasuk Olimpiade

Saat berjalan kaki tidak boleh bengkok atau menekuk, kaki yang posisi nya lurus tegak akan menjadi tumpuan pinggul untuk tetap tegak dan tangan diayunkan secara bergantian.  Awalnya Olahraga ini hanya dijadikan sebagai taruhan uang oleh masyarakat Inggris, namun seiring berjalannya waktu Olahraga ini menjadi semakin populer pada abad ke 18. 

Perlombaan jalan cepat pertama kali dikenalkan pada acara Olimpiade London di tahun 1908. Dalam olahraga jalan cepat, ada teknik khusus ketika mulai dari start. Jika dalam lari cepat bagian lutut harus di lengkukan pada saat berada di garis start, berbeda hal nya dengan teknik start dalam jalan cepat. Berikut teknik start dalam jalan cepat:

Teknik Start dalam Jalan Cepat 

1. Posisi Badan

Ketika berada pada garis start posisi badan bersikap tegap dengan arah pandangan dan kepala lurus kedepan. Jaga otot perut agar tetap aman dan kuat, posisi bahu santai jangan sampai menaikan bahu sampai telinga karena akan menimbulkan ketegangan di leher.

2. Aba - Aba

Ketika terdengar suara aba-aba “bersedia”, peserta berdiri di belakang garis start dengan posisi badan tegak ke depan bertumpu pada kaki bagian depan. Ketika mendengar aba-aba “Ya” atau bunyi pistol peserta langsung berjalan dengan cepat lurus kedepan dan posisi tangan berayun secara bergantian.


Teknik Berjalan Cepat

1. Langkah demi langkah berjalan cepat harus memperhatikan postur tubuh, peserta harus menjaga lutut sampai kaki bawah tetap lurus dan pastikan tumit serta telapak tangan menapaki tanah secara bergantian. Ini menjadi ciri khas dalam lomba balap jalan cepat.

2. Jangan melangkah terlalu jauh dan menampakan kaki terlalu keras apalagi dengan teknik yang salah, itu akan menyebabkan cedera pada otot “pangkal paha’.

Ada hal yang harus dihindari oleh para pejalan cepat, salah satu kaki tidak ada yang menginjak tanah atau menekukan lutut saat sedang berjalan. Hal itu bisa membuat anda didiskualifikasi dalam perlombaan. Selain itu memperlambat jalan dengan gerakan ayunan tangan yang salah, atau terlalu banyak membungkukan badan juga bisa menjadi suatu kesalahan dalam Jalan Cepat. (hasna maulida)

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.6862 seconds [13]