Ragam Lainnya | Detail

Sportpedia: Teknik Pukulan dalam Permainan Bola Kasti

Tim Sportstars
Jum'at, 03 Desember 2021, 09:57 WIB
Sportpedia: Teknik Pukulan dalam Permainan Bola Kasti
Siswa MTs Negeri 2 Muara Enim melakukan teknik pukulan dalam permainan bola kasti. (Foto: sumsel.kemenag.go.id)

TEKNIK pukulan dalam permainan bola kasti ada banyak macam. Teknik tersebut memegang peran penting yang harus dikuasai seorang pemain. Permainan bola kasti merupakan jenis permainan bola kecil yang mengutamakan kerjasama antar pemain dan ketangkasan dari setiap individu. Maka dari itu, permainan kasti tergolong permainan bola kecil yang dilakukan secara  beregu. 

Dalam permainan kasti, terbagi menjadi 2 regu yaitu regu yang menjadi pemukul dan regu penjaga. Setiap pemain yang akan melakukan permainan kasti dituntut untuk memiliki keterampilan untuk bisa memukul bola, menangkap dan juga melempar. 

Dilansir melalui e-modul.kemdikbud.go.id, terdapat 3 jenis teknik dasar permainan kasti yaitu teknik melempar bola, menangkap bola dan memukul bola. Teknik pukulan dalam permainan bola kasti menjadi keterampilan yang perlu regu pemukul ketahui dan pahami. 

Jika regu pemukul memukul bola dengan keras dan akurat, maka akan sangat mempersulit regu penjaga untuk menangkap bola. Adapun cara dan tahapan memukul bola benar, yaitu:

1.    Condongkanlah badan mengarah ke pelempar bola

2.    Bukalah kaki anda selebar bahu

3.    Mulailah untuk memegang tongkat dan tarik ke belakang ke arah bahu

4.    Perhatikan arah datangnya bola kasti

5.    Mulailah untuk memukul bola kasti dengan kuat dan keras dengan tumpuan dari badan dan tangan

Berikut ini merupakan teknik pukulan dalam permainan bola kasti yang perlu diketahui:

Pukulan Melambung

Teknik pukulan melambung digunakan ketika pemukul menginginkan bola agar melambung setinggi mungkin. Pukulan ini dilakukan agar bola sulit ditangkap oleh regu penjaga, sehingga pemukul dapat lari sekencang mungkin dan berhasil berhenti di garis terakhir. Cara melakukan teknik pukulan melambung, yakni:

- Bukalah kaki dengan posisi kaki kiri berada di depan dan kaki kanan di belakang

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1152 seconds [13]