Ragam Lainnya | Detail

Sportpedia: Teknik Lari Jarak Menengah Beserta Penjelasannya

Tim Sportstars
Jum'at, 03 Desember 2021, 09:38 WIB
Sportpedia: Teknik Lari Jarak Menengah Beserta Penjelasannya
Teknik Lari Jarak Menengah membutuhkan latihan khusus. (Foto: athleticsweekly)

LARI jarak menengah merupakan salah satu nomor dari cabang olahraga atletik yang sering diperlombakan. Lari jarak menengah mempunyai lintasan mulai dari 800 meter sampai 1500 meter. Dalam melakukan lari jarak menengah memerlukan latihan yang keras dan disiplin, kecepatan ditentukan oleh kekuatan tubuh individu masing-masing atlet. 

Sedikit berbeda dengan lari jarak pendek, lari jarak menengah mempunyai beberapa aspek teknik yang perlu diketahui, mulai dari posisi start, posisi badan, gerakan kaki dan gerakan langkah. Berikut teknik lari jarak menengah mulai dari awalan start hingga teknik gerakan menuju finish:

Teknik Awalan Lari atau Start

Saat melakukan teknik lari jarak menengah, teknik start yang digunakan adalah start berdiri. Pada saat meletakan kaki diatas tanah lintasan posisi kaki yang bertumpu dengan tumit bertolak dengan ujung kaki (ball -hell-ball), pada saat lomba dimulai gerakan kaki bagian lutut tidak boleh berlari terlalu tinggi atau lebih rendah. 

Saat mendengar tembakan mulailah gerakan kaki secara perlahan, gerakan kaki bagian lutut tidak boleh berlari terlalu tinggi atau lebih rendah. Tidak perlu terburu-buru saat meninggalkan garis start agar saat menjelang garis finish kalian memiliki tenaga lebih untuk mencapainya

Teknik Lari Melewati Tikungan

Usahakan memilih posisi lintasan yang berada di sebelah kiri karena akan mempersempit jarak lari. 

Untuk menjaga keseimbangan saat berlari, posisikan tubuh ke arah kiri bersamaan juga dengan posisi kepala perlu dimiringkan. 

Pertimbangkan tubuh dengan membuka sudut lengan kanan lebih lebar.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1137 seconds [13]