Hobi | Detail

Sportpedia: Teknik Dasar Renang Gaya Punggung

Tim Sportstars
Selasa, 05 Oktober 2021, 13:50 WIB
Sportpedia: Teknik Dasar Renang Gaya Punggung
Seorang perenang sedang melakukan salah satu teknik dasar renang gaya punggung. (Foto: Youtube Wicaksono Satrio)

MENGUASAI teknik dasar renang gaya punggung menjadi keharusan bahkan untuk mereka yang sekadar menjadikan olahraga ini sebagai hobi. Renang sendiri termasuk salah satu olahraga yang dinilai populer karena dapat dilakukan oleh siapapun tanpa ada batasan usia.

Olahraga yang satu ini memiliki beberapa manfaat seperti menjaga kesehatan jantung, menurunkan berat badan, mengurangi stress, meningkatkan kualitas tidur, dan membangun massa otot. Dalam pengaplikasiannya, renang terbagi menjadi beberapa gaya, salah satunya dengan gaya punggung

Adapun pengertian dari gaya punggung adalah berenang dengan punggung menghadap ke air. Gerakan kaki dan tangan mirip dengan gaya bebas, namun tubuh terlentang di atas air. Tangan bergerak ke pinggang secara bergantian dengan gerakan mengayuh.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan gaya punggung:

1. Posisi Tubuh

Posisi tubuh yang tepat melibatkan kepala dan pinggul sejajar, setinggi mungkin di dalam air. Dalam gaya punggung, berusahalah menjaga kepala setenang mungkin dan melihat lurus ke atas. Untuk menjaga kepala tetap sejajar, bisa dilatih dengan gelas plastik berisi air. Caranya, letakkan gelas plastik di atas dahi kemudian berenang jangan sampai gelas tersebut jatuh. 

Langkah yang dapat dilakukan guna menyempurnakan posisi tubuh yakni:

A. Mulailah dengan sikap menghadap ke dinding kolam, pegang tepi kolam dengan kedua tangan dan letakkan kaki ke dinding, serta tekuk lutut di antara lengan. 

B. Lepaskan dinding dan dorong keras dengan kedua kaki

C. Merentangkan diri dari dinding dengan menjaga kedua tangan di sisi tubuh

D. Meluncur melintasi permukaan air dengan mempertahankan posisi horizontal

2. Tetap Bernapas.

Sebagian besar orang berpikiran untuk menghindari pernapasan ketika sedang renang telentang karena takut air masuk ke hidung. Biasakan diri untuk renang telentang dan bernafas dengan normal. Keindahan gaya punggung adalah tetap bernafas kapanpun melakukan gaya tersebut.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1831 seconds [13]