Hobi | Detail

SPORTPEDIA: Teknik Dasar Permainan Tenis Meja

Tim Sportstars
Selasa, 05 Oktober 2021, 21:34 WIB
SPORTPEDIA: Teknik Dasar Permainan Tenis Meja
Butuh teknik dasar permainan tenis meja untuk bermain seperti yang dilakukan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson (Foto: REUTERS)

BERMAIN tenis meja tak bisa sembarangan, diperlukan teknik dasar permainan tenis meja agar permainan berjalan lancar dan seru. Olahraga ini terbagi menjadi dua kategori, yakni single dimainkan satu orang dari masing-masing tim serta double oleh dua orang.  

Tenis meja biasa disebut ping pong, permainan bola yang pada prakteknya mirip dengan tenis rumput dan dimainkan di atas meja datar yang dibagi menjadi dua lapangan yang sama dengan jaring sebagai pembatas daerah.Tiap pemain berusaha mencetak poin untuk meraih kemenangan.

Tenis adalah salah satu cabang olahraga Olimpiade dan dimainkan pada semua tingkat masyarakat di segala usia. Tenis meja dipopulerkan bangsa Inggris sejak abad ke-19 sebagai alternatif permainan di dalam ruangan saat musim dingin.

Di Indonesia, induk organisasi tenis meja Indonesia adalah PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia) yang didirikan pada tahun 1958. Berikut teknik dasar dalam permainan tenis meja:

1. Posisi Siap (Stance)

Posisi siap adalah posisi awal dalam permainan tenis meja. Dari teknik ini, seorang pemain dapat meilihat dan menunggu apa yang akan dilakukan lawan serta siap untuk bergerak ke segala arah. Dalam posisi ini, beberapa aspek harus diperhatikan, yakni kaki, lutut, tubuh bagian atas, dan bat (raket). 

Stance terbagi menjadi dua jenis, meliputi side stance dan square stance. Adapun maksud dari side stance adalah tubuh pemain harus berada di sisi meja kiri atau kanan. Sedangkan square stance memposisikan diri di tengah menghadap net guna blocking atau membalikkan servis.

2. Memegang Bat

Memegang bat yang benar sangat penting karena berpengaruh terhadap pengontrolan seperti tinggi bola, kedalaman bola, kecepatan bola, arah bola, jenis putaran, dan sebagainya.

Ada tiga macam cara memegang bat yang umum digunakan, yakni:

- Seemiller grip: Memposisikan telunjuk di bagian sisi bat guna menyangga kepala bat.

- Penhold grip: Sesuai namanya, teknik memegang ini dianalogikan seperti memegang pulpen dengan kepala bat mengarah ke bawah. Namun dalam penggunaannya dibutuhkan pergerakan yang lincah.

- Shakehand grip: Teknik pegangan yang terakhir ini umum digunakan oleh banyak orang. Alasan penggunaan teknik ini karena memudahkan pemain untuk melakukan forehand dan backhand. Penggunaannya seperti berjabat tangan dan kepala bat berada di atas.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1918 seconds [13]