Hobi | Detail

Sportpedia: Teknik Dasar Permainan Rounders

Tim Sportstars
Selasa, 19 Oktober 2021, 12:35 WIB
Sportpedia: Teknik Dasar Permainan Rounders
Aksi memukul bola merupakan teknik dasar permainan rounders . (Foto: @ProvostWilliams)

DARI segi permainan, teknik dasar permainan rounders hampir sama dengan olahraga bola kecil lainnya, yaitu kasti. Rounders merupakan salah olahraga bola kecil yang dimainkan 12 orang dalam 1 regu.  Awalnya olahraga ini dimainkan anak perempuan masa dinasti Tudor di Inggris dan Irlandia. Kepopuleran olahraga tersebut membuatnya masuk dalam buku A little Pretty Pocket Book tahun 1744. 

Gaelic Athletic Association (GAA) yang berlokasi di Irlandia menjadi asosiasi pertama yang menciptakan aturan permainan ini sebelum tercipta asosiasi yang sama di Inggris Raya. Inggris menjadi negara pertama yang mempopulerkan rounders tapi baru menciptakan asosiasi yang sama pada 1943 dengan nama Rounders England. 

Teknik dasar permainan rounders yang hampir sama dengan olahraga bola kecil lainnya, yaitu kasti. Teknik tersebut meliputi melempar, menangkap, dan memukul. Berikut teknik dasar permainan rounders:

1. Melempar Bola

- Melempar Bola Melambung

Pada teknik ini, posisi badan berdiri tegak disertai salah satu kaki yang melangkah ke depan. Tangan yang memegang bola ditarik ke atas dengan siku sedikit ditekuk. Disertai posisi badan yang agak condong ke belakang. Tekuk lutut bagian belakang dan ayunkan lengan ke depan disertai dengan pergelangan tangan melewati atas bahu.

- Melempar Bola Mendatar

Saat melempar bola mendatar, posisi badan berdiri tegak dengan satu kaki melangkah ke depan. Tangan yang memegang bola ditarik ke belakang melalui samping badan. Selanjutnya posisi badan sedikit diputar dan lutut kaki belakang sedikit ditekuk. Posisi badan condong ke belakang dan ayunkan tangan ke depan melalui samping badan secara mendatar.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1632 seconds [13]