Hobi | Detail

Sportpedia: Teknik Dasar Permainan Bola Kasti

Tim Sportstars
Rabu, 29 September 2021, 12:30 WIB
Sportpedia: Teknik Dasar Permainan Bola Kasti
Mengetahui teknik dasar permainan bola kasti dibutuhkan untuk mengembangkan kemampuan. (Foto: kebudayaan.kemdikbud.go.id)

DIBUTUHKAN penguasaan teknik dasar permainan bola kasti untuk bisa memainkan salah satu permainan bola kecil yang populer di Indonesia ini. Permainan ini populer karena sangat sering dipertandingkan di tingkat sekolah. 

Dalam sejarahnya, bola kasti pertama kali dimainkan di Inggris pada zaman Tudor pada 1744 di Pretty little Pocket-Book. Kasti dimainkan dua regu yang berbeda, satu regu sebagai penjaga dan regu lainnya menjadi penyerang atau pemukul. 

Untuk memainkan kasti, dibutuhkan teknik dasar seperti memukul, menangkap, melempar, dan berlari. Umumnya, penyerang mengedepankan teknik memukul dan berlari sedangkan penjaga menangkap dan melempar. Berikut penjelasan teknik dasar dalam permainan bola kasti:

A. Memukul

Memukul adalah teknik paling dasar dalam permainan kasti. Olahraga kasti tak hanya tentang memukul dengan kekuatan saja, namun harus menjauhkan bola dari para penjaga sehingga para penyerang yang berlari mendapatkan cukup waktu untuk lolos.

Memukul bola ada beberapa cara, yakni melambung, mendatar dan ke bawah. Untuk memukul bola secara konsisten dan tepat, dapat melakukan cara sebagai berikut:

1. Seorang pemukul harus mengambil sikap kokoh menghadap ke pelempar.

2. Tongkat pemukul dipegang di atas bahu kanan, lutut ditekuk, dan pusatkan berat di kaki belakang.

3. Atur waktu ketika bola datang dan pukul dengan sekuat tenaga.

B. Menangkap

Menangkap dengan benar tidak hanya membuat tangan aman, namun juga memudahkan untuk bersiap melempar bola. Hal yang harus diperhatikan dalam menangkap yakni memperhatikan arah datangnya bola, keterampilan fisik yang kuat juga pengambilan keputusan yang cepat dan tepat.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1729 seconds [12]