Ragam Lainnya | Detail

Sportpedia: Teknik Dasar Lempar Lembing Beserta Penjelasannya

Tim Sportstars
Minggu, 05 Desember 2021, 22:30 WIB
Sportpedia: Teknik Dasar Lempar Lembing Beserta Penjelasannya
Seorang atlet harus memiliki teknik Dasar Lempar Lembing jika ingin mendapatkan hasil terbaik.

TEKNIK dasar lempar lembing penting untuk diketahui untuk mempelajari lebih lanjut cabang olahraga ini. Lempar lembing memiliki asal muasal dari zaman kuno, dimana lembing digunakan sebagai senjata yang dirancang untuk pertahanan diri dari musuh. Seiring berjalannya waktu, saat ini lembing menjadi salah satu cabang olahraga. 

Olahraga lempar lembing atau javelin throw sangat membutuhkan keterampilan yang baik. Hal penting dalam melakukan lempar lembing adalah peregangan pada lengan dan bahu, peregangan ini sangat berpengaruh kepada lemparan dari lembing itu sendiri, serta dapat menghindari terjadinya cedera.

Karena itu latihan yang konsisten akan memengaruhi keterampilan seseorang dalam melakukan lempar lembing. Teknik dasar lempar lembing setidaknya terdiri dari tiga bagian, yakni teknik memegang lembing, teknik berlari dan membawa lembing, serta teknik melempar lembing.

Teknik Memegang Lembing

Pada olahraga lembing terdapat perbedaan jenis cara memegang lembing. Variasi pada jenis pegangan sebenarnya tidak menjadi sebuah masalah karena hal ini merupakan preferensi masing-masing individu yang akan menggunakan pegangan tersebut. Dikutip melalui beberapa sumber, terdapat teknik memegang lembing yakni gaya America, gaya penjepit atau tang, dan gaya Finlandia. 

Gaya Amerika (American Grip) 

Gaya america merupakan cara memegang lembing yang paling umum digunakan oleh pelempar lembing. Anda harus memiliki fleksibilitas yang cukup baik ketika melempar lembing, guna mencegah cedera terutama pada bagian bahu dan siku. Tak hanya itu, tangan dan jari juga memiliki resiko cedera yang lebih fatal, jika melakukannya tidak benar.  

Adapun cara memegang lembing pada teknik dasar lempar lembing gaya amerika, yaitu pegang lembing dengan nyaman pada telapak tangan dengan menggunakan jari telunjuk yang melingkari bagian atas dari tali dan ibu jari menekan bagian atas tali. Perhatikan jarak antara jari telunjuk jangan terlalu jauh dari jari tengah.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1205 seconds [13]