Hobi | Detail

Sportpedia: Sembilan Teknik Dasar Pencak Silat

Tim Sportstars
Kamis, 18 November 2021, 23:55 WIB
 Sportpedia: Sembilan Teknik Dasar Pencak Silat
Dua pendekar sedang memeragakan salah satu teknik dasar pencak silat di Festival Seni Bela Diri Pencak Silat Kodam I/Bukit Barisan. (Foto: @bukitbarisan_1)

MENGUASAI teknik dasar pencak silat sangat penting agar bisa menguasai salah satu olahraga tradisional Indonesia ini. Pencak silat merupakan salah satu Seni Bela diri yang berasal dari Indonesia, siapa sangka pencak silat terkenal hingga mancanegara. 

Menariknya, setiap daerah memiliki aliran yang khas. Misalnya Jawa Barat yang terkenal dengan aliran Cimande dan Cikalong. Di Jawa Tengah terkenal dengan aliran Merpati Putih dan di Jawa Timur ada aliran PSHT atau Perisai Diri. 

Pencak Silat dipertandingkan pada Olimpiade SEA GAMES (Pesta Olahraga Asia Tenggara) sejak 1987, melalui seni bela diri ini pencak silat menjadi salah satu identitas bangsa. Berikut teknik dasar dari pencak silat yang dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Sikap Pasang

Sikap Pasang merupakan sikap siap yaitu kuda - kuda dengan posisi badan, kaki dan tangan yang siap. Sikap kuda-kuda ini menjadi tumpuan dasar untuk melakukan serangan dan bela diri. 

2. Langkah

Posisi ini adalah langkah gerak kaki, posisi ini ditujukan untuk menyerang dan menyambut serangan lawan. Ada 5 langkah dalam posisi ini yaitu : Angkatan, Geseran, Ingsutan, Lompatan, Loncatan. 

3. Pola Langkah

Teknik ini bertujuan untuk mengelabui lawan agar langkah kita tidak bisa ditebak oleh lawan, ini dilakukan dengan menggerakan kaki dari tempat satu ke tempat lainnya sesuai dengan langkah kaki yang kita mau. Teknik ini perlu keseimbangan antara sikap badan, sikap tangan, pola lantai dan pola kaki ketika melangkah. Pola Langkah bersifat dinamis dan fleksibel menyesuaikan gerakan dari lawan. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 1.5763 seconds [12]