Hobi | Detail

Sportpedia: Sejarah Permainan Tenis Meja Dulunya Bernama Ping Pong

Tim Sportstars
Selasa, 19 Oktober 2021, 13:30 WIB
Sportpedia: Sejarah Permainan Tenis Meja Dulunya Bernama Ping Pong
Sejarah permainan tenis meja dimulai abad ke 19 dan dimainkan sampai sekarang. (Foto: @WalesTT)

PERJALANAN sejarah permainan tenis meja dimulai abad ke 19. Pada awalnya tenis meja juga tidak  dianggap sebagai olahraga. Tenis meja hanya dimainkan kaum bangsawan di Eropa untuk mengisi waktu luang di malam hari usai makan malam.  

Pada awalnya permainan ini disebut Ping Pong.  Nama tenis meja baru mulai digunakan pada 1921–22 ketika Asosiasi Ping Pong lama yang dibentuk pada 1902 dihidupkan kembali.  Tenis meja merupakan olahraga bola kecil menggunakan bet, meja yang dilengkapi garis penanda serta net.

Peralatan untuk tenis meja sangat sederhana berupa bola yang terbuat dari karet ringan yang ditutupi kulit yang dirajut, serta sebaris buku. Buku tersebut disusun sedemikian rupa di atas meja makan dijadikan sebagai pembatas atau yang kini disebut net. Tetapi disebutkan juga tenis meja dikembangkan angkatan bersenjata Inggris yang berkedudukan di India.

Setelah dikenal banyak orang dan terus berkembang, sejarah permainan tenis meja mulai masuk ke Eropa dan Asia di awal abad ke 20. Permainan tenis meja mulai populer di Eropa serta Indonesia yang saat itu dibawa penjajah Belanda setelah tahun 1918, yaitu ketika berakhirnya Perang Dunia I.

Sejarah permainan tenis meja dimulai abad ke 19. (Foto: shopify)

Ternyata, datangnya tenis meja yang dimainkan berlawanan ini menciptakan beberapa sebutan seperti gossima, pingpong dan whiff-whaff. Namun kini, hampir semua negara mengenal permainan tenis meja dengan sebutan ping-pong.

Cabang olahraga tenis meja sebetulnya diadopsi dari tenis lapangan. Hal itu diawali ketika ping-pong tahun 1901 dijadikan merek dagang sebuah perusahaan yang berasal dari Inggris milik J. Jaques & Son Ltd.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2030 seconds [13]