Basket | Detail

Sportpedia: Sejarah Permainan Bola Basket

Muammar Yahya Herdana
Jum'at, 10 September 2021, 15:24 WIB
Sportpedia: Sejarah Permainan Bola Basket
Forward Utah Jazz Jarell Martin (51) berebut bola Philadelphia 76ers Paul Reed (44). NBA menjadi salah satu bagian dari sejarah permainan bola basket. (Foto: Reuters)

SEJARAH permainan bola basket sudah berkembang sejak lebih dari 100 tahun yang lalu. Setelah terus mengalami perkembangan, permainan bola basket hingga kini masih menjadi cabang olahraga yang paling diminati di dunia.

Permainan bola basket sendiri pertama kali diperkenalkan oleh seorang guru olahraga asal Kanada, Dr. James Naismith, pada tahun 1891. Saat itu, Naismith mengajar di sebuah perguruan tinggi di Young Men’s Christian Association (YCMA), di Springfield, Massachusetts.

Setelah mampu mendapatkan perhatian yang cukup tinggi, permainan bola basket akhirnya menjadi olahraga resmi di YMCA. Akhirnya, bola basket pertama kali dimainkan secara resmi di gimnasium YMCA, Albany, New York.

Sebelumnya, Naismith menamakan olahraga ciptaannya tersebut diambil dari namanya sendiri, yaitu Naismith ball. Namun salah satu pemain pertama bola basket, Frank Mahan, memberikan saran kepada Naismith dalam penamaan olahraga tersebut.

Frank mengambil nama dari ring yang saat itu menyerupai keranjang. Frank pun menyarankan Naismith untuk memberikan nama Basketball. Naismith pun suka dan menyetujui saran yang diberikan oleh Frank.

Sebelumnya, bola basket dimainkan oleh sembilan orang pemain dalam satu tim. Namun hal tersebut membuat pertandingan menjadi kurang menarik, dan kini dalam permainan bola basket hanya membutuhkan lima pemain untuk memberikan pertunjukan yang lebih menarik.

Sejak saat itu, basket pun semakin dikenal oleh masyarakat luas. Kini, Basket pun memiliki induk organisasi internasional tersendiri, yaitu Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) yang didirikan pada 18 Juni 1932.

Sejak saat itu, basket pun semakin dikenal oleh masyarakat di seluruh dunia secara luas. Dan pada tahun 1936, bola basket menjadi cabang olahraga resmi yang dipertandingkan di ajang olahraga terbesar di dunia, Olimpiade.

Itulah sejarah permainan bola basket secara singkat yang harus kamu ketahui. Memiliki cerita yang cukup panjang, kini bola basket mampu menjadi olahraga yang digandrungi oleh berbagai pihak di seluruh dunia.   

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1549 seconds [13]