Bola Lainnya | Detail

Sportpedia: Sejarah Induk Organisasi Sepak Bola di Indonesia

Tim Sportstars
Kamis, 14 Oktober 2021, 02:12 WIB
Sportpedia: Sejarah Induk Organisasi Sepak Bola di Indonesia
Kantor PSSI yang menjadi induk organisasi sepak bola di Indonesia. (Foto: MPI)

SEJARAH induk organisasi sepak bola di Indonesia berjalan sangat panjang. Kehadiran organisasi yang sekarang dikenal sebagai Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia atau PSSI tidak lepas dari nilai-nilai nasionalisme di masa pemerintahan Hindia Belanda.

PSSI didirikan oleh Soeratin Sosrosoegondo, seorang insinyur sipil yang gemar bermain sepak bola. Mulanya, Soeratin menyadari bahwa sepak bola dapat menjadi wahana terbaik untuk menyemai nasionalisme di kalangan pemuda, sekaligus bentuk perlawanan terhadap Belanda.

Untuk merealisasikannya, Soeratin kemudian mengadakan pertemuan dengan tokoh sepak bola di Solo, Jogja dan Bandung guna membahas pembentukan organisasi sepak bola. Barulah bahasan tersebut tercipta setelah pertemuan dengan beberapa pengurus di salah satu hotel di Jakarta.

Seiring berjalannya waktu, pada tanggal 19 April 1930, diadakan kembali pertemuan dari wakil-wakil Voetbalbond Indonesische Jakarta (VIJ) dan melahirkan Persatoean Sepakraga Seloeroeh Indonesia. Kemudian pada tahun 1950 di Solo, PSSI mengadakan kongres.

Adapun hasil dari kongres tersebut yakni merubah nama Persatoean Sepakraga Seloeroeh Indonesia menjadi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan menetapkan Ir.Soeratin sebagai Ketua Umum PSSI.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.3173 seconds [12]