Hobi | Detail

Sportpedia: Pull Up Melatih Otot (Manfaat Bagi Pemula)  

Tim Sportstars
Kamis, 21 Oktober 2021, 00:29 WIB
Sportpedia: Pull Up Melatih Otot (Manfaat Bagi Pemula)  
Salah satu gerakan pull up untuk melatih otot (manfaat bagi pemula). (Foto: military)

SELAIN menjaga kebugaran tubuh fungsi pull up adalah untuk melatih otot, terutama bagi pemula. Olahraga ini dilakukan dengan cara menggelantungkan tubuh pada alat sehingga sangat baik untuk mempertahankan dan meningkatkan masa otot.

Pull up sering dilakukan di gym karena membutuhkan alat berat yang cukup kuat meski bisa juga menggunakan yang ada di sekitar seperti ventilasi pintu rumah sebagai tumpuannya.  Pull up juga cocok bagi pemula yang ingin memiliki tubuh atletis karena dapat memberi rangsangan pada otot, gerakan ini dilakukan dengan tubuh yang menggantung dan tangan yang mencekam alat lalu digerakan dengan menarik badan anda secara perlahan. 

Namun perlu diperhatikan juga bagi pemula untuk tidak memaksakan diri melakukan  pull up. Latihan memang mengandalkan lengan, tapi kekuatan sesungguhnya ada pada punggung. Ada tiga  hal yang perlu diperhatikan bagi pemula sebelum melakukan pull up yaitu :

1. Passive Hang, yaitu bergelantungan di atas tiang.

2. Shoulder Pull Up, yaitu latihan bergelantungan dengan menarik bahu keatas

3. Negative Pull Up, yaitu latihan dengan menaikan badan melewati tiang lalu menurunkan secara perlahan.

Diperlukan teknik yang benar dalam melakukan olahraga pull up ini, karena jika tidak bahu kita akan mengalami cedera. Ada baiknya jika belum cukup kuat menarik dengan teknik yang benar, jangan langsung menarik tapi mulailah secara perlahan dengan menggantungan tangan secara lurus terlebih dahulu. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.3227 seconds [13]