Hobi | Detail

Sportpedia: Prinsip-prinsip Latihan Kebugaran Jasmani

Tim Sportstars
Selasa, 23 November 2021, 23:59 WIB
Sportpedia: Prinsip-prinsip Latihan Kebugaran Jasmani
Prinsip-prinsip latihan kebugaran jasmani dilakukan agar bisa mendapatkan badan yang bugar. (Foto: Reuters)

SAAT melakukan olahraga fisik ada prinsip-prinsip latihan kebugaran jasmani agar tubuh bugar tidak mudah lelah dan sehat. Tubuh yang bugar dapat meningkatkan serta mengoptimalkan aktivitas yang akan dilakukan, karena dirinya menyimpan cadangan energi. 
    
Kebugaran jasmani merupakan kemampuan dari tubuh untuk melakukan segala aspek dalam kehidupan sehari-hari dan dilakukan secara fit, serta semangat. Untuk mencapai kebugaran jasmani, tentu saja harus melakukan kegiatan fisik yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. 

Terdapat 3 macam jenis kebugaran: 


1. Aerobik yang merupakan jenis kebugaran yang berfokus kepada kesehatan jantung dan paru-paru. Kedua, muscle strengthening yang berfokus pada kekuatan otot. 

2. Latihan angkat beban dan push up merupakan latihan yang dapat membantu untuk meningkatkan kekuatkan otot. 

3. Flexibility adalah hasil dari latihan fisik yang sudah dilakukan. Fleksibilitas dapat berasal dari peregangan, maka dari itu setiap kali selesai melakukan latihan fisik diperlukan pergangan secara perlahan pada otot. 

Adapun prinsip-prinsip latihan kebugaran jasmani yang harus kita ketahui, sebagai berikut:

1. Prinsip Individualitas

Prinsip-prinsip latihan kebugaran jasmani yang perlu kita ketahui adalah prinsip individualitas. Hal ini dikarenakan, setiap individu berbeda-beda dan memiliki kemampuan yang berbeda pada setiap latihan fisik yang akan ia lakukan. 

Setiap individu juga memiliki respon yang berbeda atas latihan yang akan dilakukannya. Faktor yang memengaruhi perbedaan kemampuan dan respon dari setiap individu antara lain adalah kemampuan genetik, usia, kondisi mental dan otot.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2841 seconds [13]