Ragam Lainnya | Detail

Sportpedia: Perbedaan Permainan Bola Kecil dan Bola Besar

Tim Sportstars
Senin, 20 Desember 2021, 14:27 WIB
Sportpedia: Perbedaan Permainan Bola Kecil dan Bola Besar
Nelly Korda memainkan olahraga golf yang merupakan permainan bola kecil. Ada perbedaan permainan bola kecil dan besar. (Foto: Reuters)

ADA banyak jenis perbedaan permainan bola kecil dan bola besar. Olahraga seringkali menggunakan bola sebagai objek permainan. Permainan bola ini dibedakan berdasar pada ukuran bola yang dimainkan. Permainan bola terbagi menjadi dua macam yaitu bola besar dan bola kecil.

Pengertian permainan bola kecil adalah jenis permainan dari cabang olahraga yang dimainkan perorangan maupun beregu. Permainan bola kecil umumnya dimainkan menggunakan alat bantu yang berupa alat pukull. Sedangkan permainan bola besar adalah permainan yang dilakukan secara kelompok dengan menggunakan bola yang ukuran diameternya lebih dari 50 cm.  Permainan bola besar yang dipertandingkan secara internasional ada sepak bola, basket, voli hingga rugby.

Berikut perbedaan permainan bola kecil dan bola besar:

Jenis Permainan Bola Kecil

Golf

Golf merupakan permainan bola kecil yang identik dengan olahraga elite. Hal ini dikarenakan peralatan yang digunakan untuk bermain golf terbilang cukup mahal dan penyewaan lapangan outdoor yang tak murah. Golf dimainkan  menggunakan tongkat khusus dimana pemain harus memasukkan bola kedalam lubang yang sudah tersebar luas di area lapangan luas.  Dulunya bola golf terbuat dari kayu namun kini bola golf terbuat dari bahan karet keras. Ukuran bola golf yakni berdiameter 42,67 mm.

Bisbol

Bisbol atau baseball menjadi olahraga yang termasuk permainan bola kecil yang dipertandingkan pada Olimpiade Tokyo 2020.  Bisbol dimainkan pada lapangan terbuka oleh dua tim. Satu tim penjaga dan satu tim pemukul. Selain menggunakan bola, alat lain yang digunakan untuk memainkan permainan ini adalah tongkat pemukul (bat) dan sarung tangan. Ukuran diameter bola bisbol yaitu 73 mm hingga 76 mm. 

Tenis Lapangan

Tenis lapangan termasuk ke dalam jenis permainan bola kecil. Tenis dimainkan oleh perorangan maupun tim yang beranggotakan dua orang.  Permainan ini menggunakan alat pendukung yakni raket yang digunakan untuk memukul bola agar bisa melewati net.  Pada tenis lapangan bola yang digunakan adalah bola yang khas dengan warna hijau neon yang berdiameter  65.41 mm sampai 68.58 mm.

Tenis Meja

Berbeda dengan tenis lapangan, tenis meja dilakukan secara indoor menggunakan meja sebagai arena lapangan yang dipisahkan oleh net.Permainan ini juga menggunakan bola kecil yang jauh lebih kecil dibanding bola yang digunakan pada tenis lapangan.  Bola yang digunakan pada tenis meja disebut pola pingpong. Ukuran diameter bola tersebut yaitu 40 mm menjadikan bola pingpong jadi bola terkecil dengan berat yang sangat ringan. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1279 seconds [13]