Hobi | Detail

Sportpedia: Peraturan Permainan Tenis Meja

Tim Sportstars
Selasa, 21 September 2021, 18:24 WIB
Sportpedia: Peraturan Permainan Tenis Meja
Megan Shackleton dari Inggris bermain di Paralimpiade dengan mengikuti peraturan permainan tenis meja. (Foto: Reuters)

DALAM setiap pertandingan resmi ada  regulasi atau peraturan permainan tenis meja yang harus ditaati peserta. Siapa saja yang melanggar peraturan tersebut akan mendapatkan sanksi tersendiri. Entah itu terhitung diskualifikasi atau penambahan nilai pada lawan.

Memiliki nama dan kemiripan dengan tenis pada beberapa alatnya, Kompetisi ini mempunyai alat-alat dan peraturan sendiri.  Dikutip dari website resmi Olympic, berikut macam-macam peraturan yang harus ditaati dalam kompetisi tenis meja.

Alat yang Digunakan

1. Meja Tenis Meja

Meja yang digunakan dalam olah raga ini dilapisi cat yang memberi hasil akhir matte. Di atas meja terdapat garis berwarna putih setebal 2 cm yang membagi meja menjadi dua bagian secara horizontal. Secara vertikal, meja dibagi oleh sebuah net berukuran 15,25 cm yang membentang pada meja berukuran 2,74 x 1,53 m.

2. Raket

Bat atau raket dalam tenis meja sebagian besar terbuat dari kayu berukuran 17 × 15 cm. Pada dua sisi kayu tersebut terdapat karet berwarna hitam dan merah.

3. Bola

Bola dalam tenis meja harus sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh International Table Tennis Foundation (ITTF). Berwarna oranye atau putih, biasanya bola memiliki berat 2,7 gram dan diameter 40mm. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2279 seconds [13]