Hobi | Detail

Sportpedia: Peralatan dalam Permainan Bola Kasti

Andhika Khoirul Huda
Selasa, 14 September 2021, 02:34 WIB
Sportpedia: Peralatan dalam Permainan Bola Kasti
Peralatan dalam Permainan Bola Kasti (Foto: Istimewa)

PERALATAN dalam permainan bola kasti perlu disiapkan sebelum bertanding. Pada awalnya, oahraga bola kasti telah populer dimainkan di Inggris sejak abad ke-17, tepatnya pada 1744. Akan tetapi, peraturan permainannya baru dituliskan pada 1828 lewat penerbitan buku "The Boy" yang dikarang oleh William Clarce di London.

Olahraga ini adalah salah satu olahraga tradisional yang banyak disukai oleh anak-anak maupun remaja di Indonesia. Kasti sering kali dimainkan pada pelajaran olahraga di Sekolah Dasar (SD) dan juga Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Sekilas, kasti sangat mirip dengan softball atau baseball. Namun, perbedaannya dari dua olahraga tersebut adalah pada penggunaan bola tenis sebagai objek yang dipukul.

Untuk bermain kasti diperlukan masing-masing 12 orang dalam satu regu. Dalam satu regu terdiri dari tim pemukul, tim penjaga dan pelambung.

Biasanya, permainan kasti dilakukan dalam dua babak yang berdurasi 20 – 30 menit dalam setiap babak. Seperti sepakbola, kasti juga memiliki jeda istirahat selama 15 menit di antara dua babak.

Untuk arena permainan, kasti membutuhkan lapangan yang cukup luas. Lapangan itu harus memiliki panjang 70 meter dan lebar 40 meter, serta ada ruang bebas yang berukuran 10 meter.

Selanjutnya, cara mendapatkan satu poin dalam kasti adalah ketika pemain yang sukses melakukan pukulan bola segera berlari menuju pemberhentian I, II, III, serta ruang bebas namun secara bertahap. Sementara untuk mendapatkan dua poin, pemain yang berhasil memukul bola harus langsung berlari dan kembali ke tempat semua tanpa berhenti sekalipun.

Di sisi lain, untuk tim penjaga yang mampu menangkap bola secara langsung akan diberikan satu poin. Seperti biasa, kemenangan ditentukan dari jumlah poin terbanyak yang didapatkan masing-masing regu.

Setelah melihat penjelasan di atas, berikut peralatan dalam permainan bola kasti:

1. Tongkat Pemukul

Tongkat pemukul digunakan oleh tim pemukul untuk memukul bola kasti. Pada umumnya, tongkat yang digunakan untuk kasti berbahan dasar kayu. Tongkat tersebut memiliki ukuran panjang 50-60 cm.

2. Bola Kasti

Bola kasti biasanya menggunakan bola tenis yang berwarna hijau atau kuning cerah. Bola ini menjadi pembeda utama antara kasti dengan baseball atau softball.

3. Bendera Kecil

Bendera kecil digunakan untuk pemberhentian pemain yang berlari setelah sukses memukul bola. Umumnya, bendera itu dipasang disetiap sudut lapangan.

4. Tiang Hinggap

Tiang hinggap berguna untuk dipegang oleh pemain ketika berhenti disetiap titik. Tiang ini terdiri dari tiang yang sudah ditancapkan bendera di sudutnya. 

Editor : Saliki Dwi Saputra

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1333 seconds [13]