Hobi | Detail

Gerak Manipulatif: Pengertian, Jenis dan Contohnya

Johana Joy Artamira
Jum'at, 22 April 2022, 20:27 WIB
Gerak Manipulatif: Pengertian, Jenis dan Contohnya
Perbedaan gerak lokomotor dan non lokomotor. (Ilustrasi: ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id)

JAKARTA – Dalam dunia olahraga, terdapat tiga jenis gerak yang meliputi gerak manipulatif, gerak lokomotor, dan gerak non – lokomotor. Tetapi, melalui artikel ini Sportstars.id akan mengulik tentang gerak manipulatif beserta dengan contoh geraknya. 

Pengertian Gerak Manipulatif

Diketahui dari berbagai sumber, gerak manipulatif adalah kemampuan gerak seseorang yang dilakukan dengan menggunakan objek atau alat. Salah satu manfaat gerak manipulatif di antaranya adalah dapat membantu dalam peningkatan kesadaran gerak. Contoh gerak manipulatif seperti memukul, melempar, menggiring, menendang, menangkap, memantulkan dan sebagainya.

Jenis Gerak Mannipulatif

1. Memukul

Contoh gerak manipulatif yang pertama adalah memukul. Gerakan ini dapat dilakukan dengan baik dengan satu tangan maupun dua tangan. Bahkan, gerakan ini juga bisa dilakukan dengan alat.

2. Melempar

Contoh berikutnya ada melempar. Gerakan ini dipraktekkan dengan melemparkan suatu objek dengan satu tangan atau dua tangan.

3. Menggiring

Gerak manipulatif ini memerlukan konsentrasi yang tinggi. Pasalnya, gerakan ini berfungsi untuk memindahkan benda entah dengan kaki atau tangan.

4. Menendang

Berikutnya adalah menendang. Gerakan ini dilakukan dengan membutuhkan koordinasi yang baik antara mata serta kaki. Dengan begitu, hasil koordinasi ini akan memiliki pengaruh terhadap titik tuju atau arah tembakan.

5. Menangkap

Contoh yang terakhir adalah menangkap. Gerak manipulatif ini bisa dilakukan dengan menggunakan satu tangan atau dua tangan. Gerakan ini berfungsi untuk menangkap suatu objek.

Contoh Gerak Manipulatif

1. Bulu tangkis

Contoh gerakan manipulatif dalam permainan bulu tangkis adalah memukul shuttlecok, mengayunkan raket, dan memgang raket.

2. Sepak Bola

Contoh gerak manipulatif dalam permainan sepak bola adalah menendang, menangkap, dan menggiring bola.

3. Bola Basket

Contoh gerak manipulatif dalam permainan bola basket adalah ,enggiring (dribbling) dan mengoper (passing) bola, menangkap dan melempar bola, menembak bola atau shooting.

Itulah tadi informasi tentang pengertian gerak manipulatif dan contoh gerakannya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1326 seconds [12]