Basket | Detail

Sportpedia: Nama Posisi Pemain Bola Basket dan Tugasnya

Tim Sportstars
Rabu, 24 November 2021, 11:21 WIB
Sportpedia: Nama Posisi Pemain Bola Basket dan Tugasnya
Guard Jaime Jaquez Jr. (24) dan forward Bellarmine Knights Ethan Claycomb memainkan permainan sesuai nama posisi pemain bola basket dan tugasnya. (Foto: Reuters)

NAMA posisi pemain bola basket dan tugasnya secara khusus memiliki perbedaan. Dimainkan 5 orang dalam satu tim, secara garis besar mereka memiliki 3 pemain utama dalam permainan bola basket, sebelum kemudian berkembang menjadi 5 posisi yaitu point guard (PG), shooting guard(SG), small forward (SF), dan center atau pusat (pf). 

Dari lima posisi ini mereka berkomunikasi dengan baik sesama tim untuk membuat strategi agar mencetak poin sebanyak-banyaknya. Mereka juga memiliki tugas dan fungsi masing-masing disetiap posisi dalam permainan bola basket, Apa saja posisi dan tugas dalam permainan bola basket :

1. Point Guard
Point Guard merupakan pemimpin dalam permainan ini, mereka memiliki kemampuan penanganan bola yang substansial dan kemampuan untuk memfasilitasi tim selama permainan berlangsung. Biasanya yang berjaga pada posisi merupakan pemain yang bertubuh pendek dalam tim itu.

Pemain yang berada pada posisi ini memiliki kemampuan yang gesit dan pintar mengendalikan bola dalam jarak dekat, maka dari itu mereka merupakan pemimpin dalam tim. Mereka bertanggung jawab untuk mengarahkan pemain, Untuk dapat berada pada posisi ini kalian perlu memiliki skill ini :

- Passing

- Komunikasi

- Gesit

- Tenang

- Tidak Egois

2. Shooting Guard

Posisi ini dikenal sebagai penjaga, atau sering kali disebut sayap karena penggunaannya dalam taktik posisi yang sama. Beberapa aspek penting yang perlu dimiliki posisi Shooting guard adalah sabar dan secara metodis menyelaraskan garis tiga titik linear dengan garis bola. Hal ini bisa menjadi peluang dengan mendapatkan ruang terbuka untuk posisi lain menangani bola.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2634 seconds [13]