Hobi | Detail

Sportpedia: Manfaat Permainan Bola Besar

Rifqi Herjoko
Sabtu, 28 Agustus 2021, 02:29 WIB
Sportpedia: Manfaat Permainan Bola Besar
Manfaat permainan bola besar yang ditampil pada olahraga bola voli di Olimpiade Tokyo 2020 (Foto: Reuters)

MANFAAT permainan bola besar sangat melimpah bagi seseorang yang melakukannya. Secara harfiah, permainan bola besar adalah jenis olahraga yang menggunakan bola berukuran besar sebagai objeknya. Jenis olahraga yang dapat dikategorikan bola besar meliputi sepak bola, bola basket, futsal, hingga bola voli.

Permainan bola besar biasanya dimainkan oleh dua tim yang berisi beberapa orang pemain. Namun, jumlah pemain dalam setiap tim bisa jadi berbeda, tergantung dari olahraga bola besar apa yang dimainkan. Setiap olahraga dalam jenis permainan bola besar memiliki aturannya masing-masing.

Lantas, apa saja manfaat yang diperoleh jika kita melakukan olahraga bola besar? Simak ulasan Sportstars.id berikut ini.

1. Melatih Kekompakan

Olahraga bola besar melibatkan banyak orang dalam satu tim. Oleh karena itu, dibutuhkan kekompakan dalam sebuah tim agar bisa mengungguli tim lawan. Seiring seringnya suatu tim melakukan olahraga bola besar, maka tim tersebut akan semakin kompak.

2. Menjaga Stamina Tubuh

Permainan bola besar jelas menguras stamina. Namun, seiring intensitas permainan yang meningkat, maka perlahan-lahan stamina kita akan terasah. Hasilnya, kita tidak gampang capek dan dapat bergerak aktif ketika melakukan olahraga.

3. Memperkuat Mental

Melakukan olahraga bola besar tidak hanya memperkuat fisik pemain, tetapi juga mengasah mental agar lebih kuat. Hal ini terlihat ketika suatu tim mengikuti kompetisi. Tanpa mental yang kuat, suatu tim dalam olahraga tidak akan bisa mengungguli lawannya.

4. Mengatur Berat Badan

Layaknya olahraga lain, olahraga bola besar turut menguras kalori. Selain itu, olahraga juga membantu membakar lemak pada tubuh. Dengan kata lain, berat badan seseorang dapat terkontrol jika dia rutin melakukan olahraga.

5. Meninggikan Badan

Olahraga bola besar menerapkan beragam teknik, seperti lari dan melompat. Gerakan ini akan berdampak pada tulang kaki. Selain itu, intensitas gerakan yang dilakukan dapat merangsang pertumbuhan seseorang, terutama pada pemain berusia muda.

Editor : Saliki Dwi Saputra

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.8506 seconds [13]