Basket | Detail

Sportpedia: Macam-Macam Teknik Dribble dalam Bola Basket

Rifqi Herjoko
Sabtu, 21 Agustus 2021, 17:23 WIB
Sportpedia: Macam-Macam Teknik Dribble dalam Bola Basket
Pebasket AS, Stephen Curry, melakukan drible dalam salah satu pertandingan (Foto: Reuters)

MACAM-MACAM teknik dribble dalam bola basket wajib Anda kuasai. Teknik ini dilakukan dengan gerakan berjalan atau berlari sambil memantulkan bola ke lantai. Akan tetapi, pemain harus melakukannya hanya dengan satu tangan.

Teknik dribble dalam bola basket sangat berguna untuk melakukan serangan atau melewati hadangan lawan. Dalam olahraga bola basket, teknik ini harus dikuasai dengan baik jika seseorang ingin piawai memainkannya. Namun demikian, banyak yang belum mengetahui macam-macam teknik dribble dalam bola basket

Lantas, apa saja macam-macam dribble dalam bola basket? Simak ulasan sportstars.id berikut ini.

1. Crossover

Teknik dribble ini dilakukan dengan mengubah posisi bola dari satu tangan ke tangan lainnya. Adapun tujuannya adalah untuk mempertahankan bola dari lawan.

Bintang LA Lakers LeBron James dikerubungi pemain Phoenix Suns (Foto: Reuters/Mark J Rebilas)
Bintang LA Lakers LeBron James dikerubungi pemain Phoenix Suns (Foto: Reuters/Mark J Rebilas)

2. Dribble di sela-sela kaki

Teknik ini merupakan variasi dari gerakan crossover sebelumnya. Cara melakukannya cenderung sulit bagi pemula. Sebab, pemain mesti memantulkan bola di antara kedua kaki, kemudian menangkapnya dengan tangan lain.

3. Dribble belakang

Teknik ini juga merupakan variasi dari crossover. Bedanya, cara melakukan dribble ini adalah dengan memantulkan bola melewati bagian belakang kaki. Tips lain jika ingin melakukan ini adalah dengan memosisikan kedua kaki tidak lebih dari lebar bahu pemain.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1609 seconds [13]