Ragam Lainnya | Detail

Sportpedia: Macam-Macam Start dalam Olahraga Lari

Tim Sportstars
Senin, 13 Desember 2021, 22:01 WIB
Sportpedia: Macam-Macam Start dalam Olahraga Lari
Artis peran Ibnu Jamil sedang berlari setelah melakukan macam-macam start dalam olahraga lari.

ADA macam-macam start dalam olahraga lari, yaitu start jongkok, start berdiri dan start melayangOlahraga lari merupakan suatu gerakan langkah kaki dengan kecepatan tinggi, dimana salah satu gerakan kaki bergerak bergantian menginjak tanah dengan posisi kaki satu lurus satu menekuk.

Berlari memiliki istilah yang biasa diartikan dengan salah satu jenis kecepatan mulai dari jogging sampai sprint, bagi kalian para pemula bisa mencoba Start Berdiri sebelum kalian berlanjut ke Start Jongkok. Olahraga Lari mungkin hal biasa namun jika kamu mau mempelajari mengenai dasar-dasar tekniknya maka akan meningkatkan stamina dan lebih efektif. Sebelum berlari ada baiknya kalian mengetahui bagaimana cara start dalam olahraga lari. Berikut macam-macam start dalam olahraga Lari yang perlu diketahui

Start Berdiri: Dalam bahasa inggris start berdiri berarti standing start, teknik start ini biasanya dilakukan oleh para atlet lari jarak menengah dan jarak jauh. Hal yang perlu diperhatikan dalam Start Berdiri adalah :

- Start berdiri dilakukan ketika aba-aba bersedia diberikan, lalu nantinya pelari berlari dengan posisi satu kaki di depan bisa kanan atau kiri. 

- Condongkan badan ke arah depan gunakan kaki kanan sebagai tumpuan.

- Lemaskan tangan, bengkokan sedikit sikutmu

-  Pandangan fokus ke arah depan dan rilex.

Start Melayang: Jenis start ini biasanya dilakukan pada lomba lari estafet yang digunakan untuk pelari kedua, ketiga, dan pelari keempat. Sedangkan pelari pertama ia menggunakan start jongkok. Start Melayang atau flying start ini dilakukan dengan cara melayang. Hal yang perlu diperhatikan dalam Start Melayang atau Flying Start:

- Berdiri pada garis start

- Sebelum pelari memasuki garis start lakukanlah lari dengan kecepatan sedang sambil menjulurkan tangan ke belakang dengan gaya estafet.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1129 seconds [13]