Hobi | Detail

Sportpedia: Jumlah Pemain Bola Kasti dalam Satu Regu

Tim Sportstars
Rabu, 10 November 2021, 22:55 WIB
Sportpedia: Jumlah Pemain Bola Kasti dalam Satu Regu
Jumlah pemain bola kasti dalam satu regu ada 12 orang seperti yang sedang dilakukan anak anak dalam ilustrasi gambar. (Gambar: ayoguruberbagi.kemdikbud)

SEPERTI olahraga bola kecil, jumlah pemain bola kasti dalam satu regu adalah terdiri dari 12 orang (dengan 5 orang sebagai cadangan). Masing-masing pemain akan mendapatkan nomor 1 sampai 12, dengan satu di antara mereka menjadi kapten regu. 

Kasti dimainkan 2 regu berjumlah 12 orang. Regu yang main disebut regu pemukul regu yang jaga disebut regu penjaga. Permainan ini dimainkan dengan cara di lemparkan lalu dipukul oleh sang pemukul lalu berlari memutari lapangan tanpa mengenai bola kasti itu. 

Permainan ini dilakukan di dalam lapangan dengan ukuran lebar 60 meter, panjang 30 meter serta ruang tunggu 10 meter.  Dari 12 orang, 1 diantaranya bertugas sebagai pemukul. Namun ada 4 posisi utama dalam permainan bola kasti . 

Berikut 4 posisi utama dalam permainan bola kasti versi Sportstars:

1. Pemukul

Dalam permainan ini 1 orang pemukul memiliki tiga kali kesempatan memukul bola saat dilemparkan. Saat memukul juga tidak boleh asal sebab ada teknik khusus yaitu teknik memukul melambung, teknik memukul mendatar dan teknik memukul menyusuri tanah. Masing-masing dari teknik pun memiliki tujuan masing-masing.

Setelah memukul bola dari pelempar, pemukul lari mengelilingi lapangan yang dijaga oleh tim penjaga (lawan). Bola yang nantinya dilemparkan tidak boleh mengenai sang pemukul, akibatnya tim pemukul akan kalah dalam permainan ini. 

2. Pelempar

Pada posisi ini tim pelempar melemparkan bola ke arah pemukul sesuai dengan arahan pemukul. Pelempar memiliki 2 teknik yaitu melambung dan mendatar.  Tim pelempar  sebisa mungkin harus memukul tepat sasaran ke tim pemukul. 

3. Tim Penangkap

Tim pada posisi ini bertugas untuk menangkap bola yang telah di pukul oleh sang pemukul, lalu melemparkan bola ke arah sang pemukul untuk mematikan lawan. Team penangkap disebarkan ke seluruh lapangan. Disini tim penjaga harus fokus sebab setelah menangkap bola ia harus melemparkannya kepada sang pemukul yang tengah berlari (mematikan lawan).

4. Tim Penjaga

Dari 12 team yang berjaga salah satunya ada yang menjadi pemukul. Pemukul nantinya harus mengelilingi lapangan tanpa terkena lemparan bola dari lawan (pelempar), team penjaga (pemukul) terkena bola maka team yang berjaga dinyatakan kalah. (hasna Maulida)
 

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.4220 seconds [13]