Basket | Detail

Sportpedia: Jumlah Pemain Bola Basket Dalam Satu Regu

Tim Sportstars
Selasa, 21 September 2021, 16:17 WIB
Sportpedia: Jumlah Pemain Bola Basket Dalam Satu Regu
Dalam aturan FIBA disebutkan maksimal 12 jumlah pemain bola basket dalam satu regu. (Foto: Olympics.com)

KETETAPAN jumlah pemain bola basket dalam satu regu sudah ditentukan pada 1890-an, tepatnya sejak olahraga ini pertama kali ditemukan. Dikutip Federation of International Basketball Association (FIBA) satu regu maksimal 12 pemain. 

Sepuluh pemain itu terdiri dari lima pemain cadangan dan lima starter untuk pertandingan 5 vs 5. Karena ada juga basket 3 lawan 3, atau dikenal dengan three on three. Jumlah tersebut belum termasuk ofisial tim, seperti pelatih, asisten pelatih atau tim medis.  

Berbeda dengan sepak bola, pemain yang sudah keluar pada pertandingan basket dapat masuk kembali. Itu dikarenakan permainan basket yang dinilai lebih berat sehingga pemain basket membutuhkan jeda. Satu tim basket yang bermain terdiri dari 5 pemain dan satu diantaranya merupakan kapten tim. Kelima pemain basket itu memiliki posisi dan tugas masing-masing. 

1. Center (c).

Dalam pertandingan basket, terdapat satu pemain yang memiliki tugas utama melindungi pertahanan di bawah ring dari serangan jarak dekat seperti lay up atau dunk tim lawan. Pemain itu biasanya memiliki tubuh yang tinggi dan besar. Tak cuma bertahan, pemain tersebut juga memiliki tugas menyerang. Posisinya di tengah membuatnya lebih mudah memberi umpan pada seluruh rekan satu timnya.

2. Power Forward (PF). 

Posisi ini bertugas untuk me-rebound bola genggaman lawan. Posisi ini bertugas untuk mengambil bola liar atau me-rebound dari tembakan lawan.  Posisi ini sangat penting untuk mencegah lawan merusak pertahanan. Power forward biasanya diisi oleh pemain dengan tubuh tinggi dikarenakan dia harus dapat merebut bola. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2000 seconds [13]