Hobi | Detail

Sportpedia: Jenis Tangkisan dalam Pencak Silat

Tim Sportstars
Selasa, 23 November 2021, 23:41 WIB
Sportpedia: Jenis Tangkisan dalam Pencak Silat
Jenis tangkisan dalam pencak silat diperlihatkan dalam Gelar Festival Seni Bela Diri Pencak Silat Kodim 0206/Dairi. (Foto: @bukitbarisan_1)

SEBAGAI olahraga tradisional yang lahir dan besar di Tanah Melayu melahirkan beragam jenis tangkisan dalam pencak silat. Apalagi, pencak silat selain sebagai cabang olahraga beladiri juga memiliki beberapa aspek meliputi aspek ahlak atau rohani, beladiri, seni dan olahraga. 

Sesuai dengan aspek-aspek tersebut fungsi pencak silat adalah seni untuk beladiri, pendidikan ahlak atau rohani, dan olahraga. Tangkisan adalah suatu teknik belaan untuk menggagalkan serangan lawan dengan melakukan tindakan menahan serangan lawan dengan tangan, kaki dan tubuh.

Seperti dirangkum dari buku Pencak Silat Panduan Praktis karya Lubis Johansyah dan e-Journal PJKR Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi Pande P.G. Aryaguna disebutkan tangkisan terdiri dari banyak jenis, tergantung dari lintasan/ arah dan bentuk, yaitu: 

• Tangkisan tepis merupakan tangkisan yang menggunakan satu atau kedua telapak tangan terbuka dengan kenaannya telapak tangan dalam, arah gerakan dari dalam keluar dan atas ke bawah

• Tangkisan gedik merupakan tangkisan dari atas ke bawah di depan badan, perkenaan pada lengan bawah bagian luar, tangan yang lainya melindungi dada.

• Tangkisan kelit merupakan tangkisan yang menggunakan satu lengan dengan telapak tangan terbuka yang kenaannya telapak tangan luar dan arah gerakan dari dalam ke luar atau sebaliknya.

• Tangkisan siku merupakan tangkisan yang menggunakan siku, dengan lintasan dari luar ke dalam.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2489 seconds [13]