Hobi | Detail

Sportpedia : Jenis Pelanggaran dalam Permainan Bola Basket

Tim Sportstars
Rabu, 10 November 2021, 22:10 WIB
Sportpedia : Jenis Pelanggaran dalam Permainan Bola Basket
Terdapat berbagai jenis pelanggaran dalam permainan bola basket seperti dilakukan guard New York Knicks RJ Barrett (9) terhadap guar Philadelphia 76ers Seth Curry (31). (Foto: Reuters)

TERDAPAT berbagai jenis pelanggaran dalam permainan bola basket yang perlu diketahui tiap pemain. Ada baiknya bagi tiap pemain memahami pelanggaran yang ada agar tak merugi saat pertandingan. Pelanggaran atau foul dalam bola basket terjadi ketika pemain melakukan tindakan menyerang maupun bertahan sehingga menghasilkan pergerakan atau kontak yang tidak seharusnya dilakukan. Setiap kontak yang dinilai wasit berlebihan akan ditetapkan sebagai foul. 

Di NBA batas pelanggaran di tiap pertandingan hanya enam kali, jika lebih dari itu akan didiskualifikasi dari permainan. FIBA menetapkan batas pelanggaran sebanyak lima kali. Hukumannya pun bervariasi, tergantung pada jenis pelanggarannya dan level permainan. Umumnya hukuman yang diberikan dimulai dari lemparan bebas (free throw), hingga harus dikeluarkan dari permainan dan membayar denda.

Dilansir dari laman resmi NBA, pelanggaran dikategorikan menjadi dua yaitu personal foul dan technical foul. Namun, dari dua kategori tersebut terbagi menjadi beberapa jenis pelanggaran, diantaranya:

1. Personal Foul

Jenis pelanggaran yang pertama adalah personal foul atau pelanggaran pribadi. Ini merupakan pelanggaran dari satu pemain ke pemain lain yang melakukan kontak fisik secara sengaja. Kontak fisik yang terjadi bisa berupa dorongan, menghalangi dan menahan badan lawan, mendorong hingga menampar.  

Menerima personal foul dalam bola basket bisa menjadi masalah besar karena di NBA setiap pemain hanya diberikan enam kali pelanggaran sebelum akhirnya didiskualifikasi dari permainan atau disebut ‘fouling out’. Personal foul hanya dihitung selama pertandingan yang dilakukan. Setelah pertandingan selesai, pelanggaran yang terjadi selama pertandingan tak akan diakumulasikan ke pertandingan selanjutnya. 

2. Team Foul

Team Foul atau pelanggaran tim adalah pelanggaran pribadi yang dilakukan oleh tim. Mirip seperti personal foul, namun yang membedakan team foul adalah pelanggaran yang dilakukan pemain bertahan dan akan diakumulasikan menjadi team foul. Pelanggaran team foul dihitung tiap kuarter. Hukuman yang diterima tim jika pelanggaran kurang dari lima adalah lemparan ke dalam. Jika sudah lima maka akan diberikan lemparan bebas.  

3. Shooting Foul

Shooting foul terjadi ketika pemain bertahan melakukan tindakan saat lawan sedang melakukan shooting. Pelanggaran ini akan menghasilkan lemparan bebas untuk pemain yang dilanggar. Ketika shooting foul terjadi di dalam garis tiga poin, baik itu sedang melakukan tembakan, lay-up, floater atau dunk, maka pemain yang dilanggar akan diberikan dua kali lemparan bebas. 

Baru-baru ini, NBA mengubah aturan yang mengharuskan pemain bertahan memberikan cukup ruang bagi shooter untuk mendarat setelah melakukan tembakan. Jika pemain bertahan melakukan kontak saat lawan masih di udara maka kemungkinan akan disebut pelanggaran. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.3157 seconds [13]