Hobi | Detail

Sportpedia: Jenis Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari

Rifqi Herjoko
Rabu, 08 September 2021, 05:15 WIB
Sportpedia: Jenis Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari
Jenis Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari (Foto: Unsplash)

JENIS latihan meningkatkan kecepatan lari cukup beragam dan dapat diterapkan sesuai kebutuhan. Beberapa orang mencoba meningkatkan kecepatan lari demi mengikuti sebuah kompetisi maraton. Yang lainnya hanya bertujuan untuk meningkatkan kebugaran tubuh saja.

Lari termasuk dalam cabang olahraga atletik. Menariknya, olahraga ini telah dilombakan sejak ribuan tahun lalu oleh bangsa Yunani. Dalam suatu kompetisi, lari dibagi menjadi beberapa nomor sesuai dengan jarak tempuhnya.

Lantas, jenis latihan apa saja yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kecepatan lari? Tanpa berlama-lama, simak ulasan Sportstars.id berikut ini.

1. Strength Training

Latihan kekuatan atau strength training dibutuhkan agar pelari lebih mudah menggerakkan tubuhnya. Selain itu, manfaat jangka panjang dari latihan ini adalah Anda dapat berlari dengan cepat. 

Latihan kekuatan dapat dilakukan dengan berbagai pilihan, seperti berenang, kickboxing, push up, lunges, plank, dan lain-lain. Para pelari yang terbiasa melakukan latihan kekuatan biasanya memiliki performa yang lebih baik.

2. Sprint

Sprint untuk meningkatkan kecepatan lari (Foto: Freepik)
Sprint untuk meningkatkan kecepatan lari (Foto: Freepik)

Sprint atau lari jarak pendek juga merupakan latihan yang bermanfaat meningkatkan kecepatan. Seperti namanya, Anda diharuskan menggunakan lintasan jarak pendek, seperti 100 meter, 200 meter, hingga 400 meter. 

Usahakan untuk mengaplikasikan teknik lari sprint dengan sempurna. Jika latihan ini rutin dilakukan, pelari dapat meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh secara sekaligus. Menariknya, latihan ini tidak memerlukan waktu yang panjang.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.3062 seconds [12]