Hobi | Detail

Sportpedia: Jenis Kuda-Kuda Pada Pencak Silat

Tim Sportstars
Kamis, 18 November 2021, 23:02 WIB
Sportpedia: Jenis Kuda-Kuda Pada Pencak Silat
Ada jenis kuda-kuda pada pencak silat yang dipamerkan dalam pentas pencak silat Sumatera oleh perguruan Anak Harimau Austria di Univ. Angewandte Wien (9/11). (Foto: @INAinVienna)

ADA beberapa jenis kuda-kuda pada pencak silat. Kuda-kuda merupakan teknik dasar pencak silat yang memperlihatkan sikap dari kedua kaki dalam keadaan statis. Pada dasarnya sikap kuda-kuda berfungsi melatih otot kaki, khususnya meningkatkan keseimbangan badan pada saat melakukan tendangan atau serangan kepada lawan. 

Pada waktu melakukan kuda-kuda, keseimbangan badan harus diperhatikan karena bila keseimbangan badan tidak benar, maka akan mudah terjatuh apalagi ketika penyerang bertenaga kuat. Dikutip dari beberapa sumber, kuda-kuda ini juga mempunyai beberapa jenis posisi atau sikap yang bisa dipilih sesuai dengan kenyamanan saat melakukannya.

1. Kuda-kuda Belakang 

Kuda-kuda belakang dimulai dari sikap berdiri tegak, posisi berat badan harus ditumpukan pada kaki belakang. Tumit kaki bisa ditumpukan untuk berpijak dan tubuh agak condong ke depan. Kaki bagian depan bisa berjinjit dengan tumit ditapakan ke permukaan tanah.

2. Kuda-kuda Depan 

Dalam posisi kuda-kuda depan ini salah satu kaki harus berada di depan dan yang lainnya berada di belakang dengan lurus. Sampingkan kaki belakang kearah ke luar dan tumpukan berat badan ke depan. Badan dalam posisi tegap dan fokuskan pandangan kearah depan. 

3. Kuda-kuda Samping 

Posisikan diri dengan salah satu kaki ditekuk kesamping. Sementara itu kaki yang lain diluruskan kearah samping lainnya. Tumpukan berat badan dibagian kaki yang ditekuk dan tubuh harus dalam kondisi tegap agar pundak bisa segaris dengan kaki. 

4. Kuda-kuda Silang Depan 

Ini adalah teknik gabungan antara kuda-kuda depan dan samping. Caranya salah satu kaki ditapakan ke arah depan dan ditekuk. Kaki ini digunakan sebagai penopang berat badan. Posisikan sentuhan ujung jari dan ibu jari kepermukaan tanah. 

5. Kuda-kuda Silang Belakang

Merupakan kebalikan dari kuda-kuda silang depan, dimana bisa dilakukan dengan cara memposisikan salah satu kaki untuk menopang berat tubuh serta kaki yang lain dibuat ringan. Posisikan badan mengarah ke belakang dan posisi kaki yang ringan ada didepan sedikit. 

6. Kuda-kuda Tengah 

Yang perlu dikukan adalah melebarkan kedua kaki kemudian ditekuk. Tekukan ini bertujuan untuk membuat badan bisa lebih rendah sehingga berat badan bisa ditumpukan ke bagian titik tengah tubuh. (khofifah nur hidayah)

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.8273 seconds [13]