Hobi | Detail

Sportpedia: Induk Organisasi Pencak Silat di Indonesia

Tim Sportstars
Senin, 22 November 2021, 23:41 WIB
Sportpedia: Induk Organisasi Pencak Silat di Indonesia
Kodim 0707 Wonosobo menyelenggarkan program Komsos kreatif dengan menggandeng induk organisasi pencak silat Indonesia. (Foto: @Pendim0707)

BERDIRI sejak 18 Mei 1948 IPSI merupakan induk organisasi pencak silat di Indonesia. Namun, baru dua tahun kemudian tepatnya pada 1950 organisasi ini mendapat pengakuan dari pemerintah RI pada tahun 1950 setelah diadakannya kongres pada 1950 di Yogyakarta. Pengakuan ini berdasarkan keputusan kongres mengenai perubahan IPSI.

Dalam situs resmi IPSI disebutkan, pencak silat merupakan olahraga seni beladiri yang berasal dari bangsa Melayu, termasuk Indonesia. Pencak Silat bertujuan membela dan mempertahankan eksistensi (kemandirian) maupun integritas (manunggal) terhadap lingkungan hidup/ alam sekitar untuk mencapai keselarasan hidup guna meningkatkan iman dan taqwa. Pendekar pencak silat, mengutamakan budi pekerti dan kesejahteraan lahir batin dalam menuju kejayaan nusa dan bangsa

IPSI menjadi wadah atau organisasi nasional resmi yang menaungi berbagai perguruan pencak silat yang ada di Indonesia. Kini IPSI tercatat sebagai organisasi silat nasional tertua di dunia dan memiliki turunan yakni IPSI di tingkat provinsi, IPSI Kabupaten dan IPSI kecamatan. Jumlah perguruan pencak silat di Indonesia sangat banyak, berdasarkan catatan PB IPSI sampai dengan tahun 1993 telah mencapai 840 perguruan pencak silat di Indonesia.  

IPSI merupakan induk organisasi resmi pencak silat di Indonesia di bawah naungan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia). Persatuan beberapa perguruan sudah terbentuk sebelum IPSI berdiri, namun organisasi-organisasi tersebut mementingkan ego mereka untuk menjadi induk organisasi hingga akhirnya wadah induk organisasi belum ada. 

Motivasi lain dari dibentuknya IPSI adalah bagaimana untuk memajukan budaya bangsa salah satunya pencak silat, dan bagaimana Indonesia mempunyai selfdefence yang bisa dibanggakan di manca negara. IPSI merupakan wadah mempersatukan berbagai perguruan dan aliran pencak silat di Indonesia juga berperan sebagai wadah untuk mengikat berbagai kebudayaan yang ada di berbagai daerah melalui media pencak silat. 

Selain itu, IPSI juga wadah untuk melestarikan dan mengembangkan budaya tersebut agar tidak punah. Adanya induk organisasi menjadikan pengembangan kebudayaan lebih terstruktur dengan baik. IPSI merupakan alternative dalam melaksanakan hal tersbut karena saat itu masih belum beridi induk organisasi pencak silat di Indonesia. (khofifah nur hidayah)

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.7183 seconds [13]