Hobi | Detail

Sportpedia: Gambar dan Ukuran Lapangan Softball

Tim Sportstars
Senin, 04 Oktober 2021, 17:27 WIB
Sportpedia: Gambar dan Ukuran Lapangan Softball
Atlet softball China saat tampil Asian Games 2018 dengan bentuk gambar dan ukuran lapangan softball sesuai standar internasional. (Foto: @asiangames2018)

SEKILAS bentuk gambar dan ukuran lapangan softball mirip dengan baseball. Hanya saja lapangan softball telah mengalami penyesuaian tersendiri terkait ukuran dan kebutuhan olahraga yang berasal dari Amerika serikat tersebut. 

Permainan Softball pertama kali diciptakan George Hancock di Chicago, AS pada tahun 1887. Awal mula adanya sofbol adalah karena pengembangan dari permainan bisbol dan hardball. Softball dimainkan dengan bola yang dilempar pitcher dan menjadi sasaran pemain lawan, yaitu pemukul bola dengan menggunakan tongkat pemukul atau bat.  Dalam permainan softball, terdapat sebuah regu yang berjaga dan regu yang memukul. 

Tiap regu berlomba mengumpulkan angka dengan cara memutari marka / base pelari hingga menyentuh marka akhir yaitu home plate. Permainan tersebut dimainkan dalam lapangan softball yang berbentuk bujur sangkar.  Lapangan itu dibagi menjadi daerah fair (fair territory) dan daerah foul (foul territory). Lebih jauh dalam daerah fair terbagi menjadi dua bagian, bagian dalam (Infield), dan bagian luar (outfield).

Bentuk Lapangan Softball

Daerah dalam terdiri dari 4 markah. Setiap markah memiliki nomor yang berlawanan dengan arah jarum jam. Penomoran dimulai dari markah awal yang disebut home plate, dilanjutkan dengan markah (KBBI) atau marka pertama, marka kedua dan marka ketiga. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1457 seconds [13]