Hobi | Detail

Sportpedia: Gambar dan Ukuran Lapangan Futsal

Tim Sportstars
Selasa, 21 September 2021, 13:28 WIB
Sportpedia: Gambar dan Ukuran Lapangan Futsal
Para pemain menjalani latihan yang memiliki gambar dan ukuran lapangan futsal sesuai standar. (Foto: FFI)

MENJADI bagian dari FIFA tidak berarti membuat gambar dan ukuran lapangan futsal sama dengan sepak bola. Meski mirip sepak bola, futsal memiliki perbedan pada aturan dan ukuran lapangan yang digunakan.

Laws of the Game FIFA menentukan aturan resmi terkait ukuran lapangan futsal. Standar lapangan ini terbagi atas dua kategori, non-internasional dan internasional. Untuk pertandingan non-internasional, panjang lapangan berukuran minimal 25 meter dan maksimal 42 meter. Lebarnya berkisar minimal 16 meter dan maksimal 25 meter. Pitch harus berbentuk persegi panjang dan ditandai dengan garis. 

Selain itu, panjang garis sentuh harus lebih besar dari panjang garis gawang dan semua garis harus memiliki lebar 8 cm. Adapun pengertian garis sentuh adalah dua garis batas yang lebih panjang. Sedangkan garis gawang dua garis yang lebih pendek.

Berbeda dengan non-internasional, panjang dan lebar standar lapangan untuk pertandingan internasional berukuran lebih besar. Panjangnya berkisar minimal 38 meter dan maksimal 42 meter. Sedangkan lebarnya minimal 20 meter dan maksimal 25 meter.

Ukuran Lapangan Futsal Nasional:

Luas Lapangan: 375 – 1050 meter persegi.
Panjang : 25-42 meter.
Lebar : 15-25 meter.
Jari jari Lingkaran di tengah : 3 meter.
Tinggi gawang : 2 meter.
Lebar Gawang: 3 meter.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2618 seconds [13]