Basket | Detail

Sportpedia: Gambar dan Ukuran Lapangan Bola Basket

Rivan Nasri Rachman
Sabtu, 11 September 2021, 05:39 WIB
Sportpedia: Gambar dan Ukuran Lapangan Bola Basket
Gambar dan Ukuran Lapangan Bola Basket antara FIBA dan NBA memiliki perbedaan (Foto: REUTERS)

GAMBAR dan ukuran lapangan bola basket dibutuhkan untuk bermain basket. Tak hanya sekadar lapangan, dua ring basket pun dibutuhkan untuk membuat permainan bola basket bisa dimainkan oleh dua tim.

Pada dasarnya, menurut aturan Federasi Basket Dunia (FIBA), lapangan basket itu harus memiliki dimensi panjang 28 meter dan lebar 15 meter. Jarak tersebut diukur dari tepi bagian dalam pada garis batas yang sudah ditentukan. Biasanya lapangan-lapangan basket di dunia mengikuti standar dari FIBA.

Kendati begitu, banyak juga lapangan di Amerika Serikat yang tak memiliki ukuran lapangan bola basket yang sama seperti standar FIBA? Hal itu dikarenakan Liga Basket Amerika Serikat (NBA) memiliki standarnya sendiri.

NBA memiliki ukuran lapangan yang sedikit jauh lebih besar ketimbang standar FIBA. Tepatnyaa NBA memiliki standar lapangan seluas 28,65 meter dan lebar 15,24 meter. Ukuran lapangan yang dipakai NBA itu lantas diterapkan juga di berbagai kompetisi liga basket di Amerika dan Kanada.

Lalu untuk persoalan warna garis lapangan, FIBA menganjurkan warna putih atau warna kontras lainnya dengan lebar 5 centimeter. Hal itu tentu agar para pemain bisa melihat jelas garis pembatas lapangan.

Kemudian membahas bagian dalam lapangan. Garis tengah harus ditandai sejajar dengan garis akhir dari titik tengah. Ini harus diperpanjang 0,15 meter di luar setiap sideline. Garis tengah adalah bagian dari lapangan belakang atau backcourt.

Lingkaran tengah harus ditandai di tengah lapangan permainan dan memiliki radius dari 1,80 meter diukur ke tepi luar keliling. Untuk setengah lingkaran free-throw harus ditandai di lapangan permainan dengan radius 1,80 m diukur ke tepi luar keliling dan dengan pusatnya di titik tengah garis lemparan bebas.

Untuk ukuran lingkaran di tengah lapangan basket pun FIBA dan NBA memiliki aturan masing-masing. FIBA memiliki diameter 3,6 meter, sementara NBA 3,66 meter. Sebenarnya aturan itu tidaklah terlalu berbeda.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1676 seconds [13]