Ragam Lainnya | Detail

Sportpedia: Cara Mendarat yang Benar dalam Lompat Jauh 

Tim Sportstars
Kamis, 21 Oktober 2021, 18:41 WIB
Sportpedia: Cara Mendarat yang Benar dalam Lompat Jauh 
Atlet Olimpiade asal Inggris Raya melakukan cara mendarat yang benar dalam lompat jauh. (Foto: Reuters)

AWALAN yang baik tapi tidak diakhiri dengan cara mendarat yang benar dalam lompat jauh bisa membuat hasil akhir lompatan tidak maksimal. Karena itu, perlu diketahui bagaimana cara mendarat yang benar dalam kompat jauh.  

Lompat jauh sendiri memiliki 4 bagian, pertama awalan, kedua tolakan, ketiga sikap melayang dan terakhir tahap mendarat. Lompat jauh adalah jenis olahraga atletik yang membutuhkan kecepatan, ketangkasan dan kekuatan seorang atlet untuk melompat sejauh mungkin. 

Ada beberapa faktor yang berpengaruh pada lompatan. Pertama tentu saja teknik lompatan, mulai kecepatan lari, awalan lompatan saat melayang hingga cara mendarat. Faktor kedua adalah kondisi fisik termasuk kekuatan otot tungkai yang mengkoordinasikan semua gerakan dalam lompat jauh.    

Karena itu teknik dalam lompat jauh harus bisa dikuasai, termasuk cara mendarat yang benar.  Cara mendarat dalam lompat jauh menjadi nilai pencapaian yang akan dicapai saat berada di lintasan arena. 

Saat mendarat, pelompat harus melakukannya dengan cara yang benar, karena juri nomor akan memberikan penilaian dan mengukur titik jauh pelompat. Perlu adanya keseimbangan tubuh pada seorang pelompat saat memijakkan kaki pada titik pendaratan di area pasir. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.3364 seconds [13]