Hobi | Detail

Sportpedia: Cara Melakukan Passing Atas Dalam Permainan Bola Voli

Muammar Yahya Herdana
Kamis, 07 Oktober 2021, 00:45 WIB
Sportpedia: Cara Melakukan Passing Atas Dalam Permainan Bola Voli
Peraturan Bermain Bola Voli (Reuters)

CARA melakukan passing atas dalam permainan bola voli menjadi salah satu teknik yang harus dikuasai oleh seorang atlet voli. Teknik ini sangat penting untuk dilakukan untuk memberikan umpan agar dapat melakukan serangan.

Untuk melakukan passing atas dengan benar, dibutuhkan latihan yang harus dilakukan dengan rutin. Hal ini diperlukan agar kita bisa menentukan kapan harus melakukan passing atas dengan benar dan tepat sasaran.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah berdiri dan meregangkan kaki hingga selebar bahu. Hal ini diperlukan untuk mendapatkan posisi terbaik dan dapat menghasilkan pukulan passing atas secara maksimal.

Berikutnya adalah dengan bersiap untuk melakukan lompatan dengan sedikit menekuk kedua lutut dan sedikit rendahkan badan. Gerakan ini dapat membuat tubuh dapat bergerak dengan lebih baik untuk memberikan umpan.

Saat pemain lawan  sudah melemparkan bola, alihkan pandangan kita ke arah bola. Setelah itu, tempatkan badan di bawah bola agar kita dapat melakukan passing  secara sempurna dan membuat umpan yang mudah untuk dieksekusi oleh rekan satu tim.

Ketika bola sudah datang, tekuk bagian siku kita dan rapatkan kedua pergelangan tangan di atas dahi. Ketika bola telah datang, borong bola ke atas agar bola dapat melambung dan menghasilkan umpan yang mudah dijangkau.

Sesuaikan kekuatan passing yang diperlukan. Keras atau lemahnya passing yang harus kita lakukan disesuaikan dengan kekuatan bola yang datang. Jika bola datang dengan keras, maka kita tidak perlu mendorong dengan kuat, sedangkan jika bola datang lemah, maka kita harus mendorong bola lebih kuat.

Itulah beberapa cara melakukan passing atas dalam permainan bola voli. Dengan mampu memberikan umpan yang baik kepada rekan satu tim kita, maka semakin besar pula peluang sebuah tim untuk dapat meraih sebuah poin. 
 

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.3638 seconds [12]