Hobi | Detail

Sportpedia: Bentuk Lapangan Permainan Rounders

Tim Sportstars
Selasa, 28 September 2021, 18:21 WIB
Sportpedia: Bentuk Lapangan Permainan Rounders
Atlet Inggris saat berlatih di dalam bentuk lapangan permainan rounders. (Foto: @RoundersEngland)

BENTUK lapangan permainan rounders menjadi salah satu pembeda olahraga asal Inggris ini dengan kasti atau baseball. Perbedaan lain adalah pada pemukul rounders yang jauh lebih kecil dan biasa diayunkan dengan satu tangan.

Britannica.com menyebut rounders merupakan permainan Inggris kuno yang tidak pernah menjadi olahraga kompetitif yang serius, meskipun permainan ini adalah akar dari olahraga bisbol

Referensi paling awal olahraga ini populer dimainkan anak perempuan dan anak sekolah pada masa dinasti Tudor di Inggris dan Irlandia. Permainan ini bahkan masuk dalam kisah buku A little Pretty Pocket Book pada 1744.  

Baru pada 1889 National Rounders Association of Liverpool dan Scottish Rounders Association dibentuk disusul Asosiasi Rounders Nasional didirikan pada tahun 1943. Sedangkan aturan formal pertama olahraga ini dibuat Gaelic Atletic Association (GAA) di irlandia pada 1884. 

Di Inggris Raya, aturan terkait permainan ini dibuat Rounders England, yang dibentuk pada 1943.  Meski sering disebut mirip kasti dan menjadi akar dari olahraga bisbol, salah satu perbedaan rounders adalah sebagai berikut:

Lapangan rounders berbentuk persegi lima dimana setiap home base terdiri dari empat titik dengan ukuran 1,2 meter pada setiap sudut. Setiap home base memiliki jarak 8,5 meter dan jarak antara seorang pelempar dan juga seorang pemukul yaitu sekitar 7,5 meter.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1675 seconds [13]