Hobi | Detail

Sportpedia: Bentuk Gerakan Meroda yang Benar

Tim Sportstars
Kamis, 18 November 2021, 22:22 WIB
Sportpedia: Bentuk Gerakan Meroda yang Benar
Beberapa anak melakukan bentuk gerakan meroda yang benar di Harlem Children‘s Zone. (Foto: @hczorg)

DIKUTIP dari jurnalpuslitjakdikbud.kemdikbud.go.id disebutkan gerakan meroda yang benar adalah suatu gerakan ke samping dimana pada suatu saat bertumpu atas kedua tangan dengan kaki terbuka lebar.  Gerakan meroda atau cartwheel merupakan gerakan pada senam dasar yang membutuhkan keterampilan khusus yang harus dikuasai. Gerakan meroda umumnya dilakukan di lantai.

Masih menurut sumber yang sama, meroda memiliki tiga komponen penting di dalamnya yaitu: awalan, saat gerakan, dan pendaratan. Gerakan meroda yang ringan tapi membutuhkan keberanian siswa untuk melakukan gerakan tersebut. Karena itu, supaya terhindar dari cedera, matras dapat digunakan sebagai alas saat melakukan gerakan ini.

Pada saat melakukan gerakan meroda, penting menjaga keseimbangan kaki dan tangan. Ini dilakukan karna gerakan ini dilakukan dengan memutarkan badan ke samping menggunakan tangan dan kaki, sehingga terlihat seperti roda yang berputar. 

Terdapat beberapa manfaat gerakan meroda, seperti meningkatkan keseimbangan tubuh, meningkatkan kesehatan pada tulang dan pernafasan, serta meningkatkan kekuatan pada lengan, bahu dan kaki. Karena itu, agar mendapatkan hasil maksimal gerakan meroda, diperlukan menguasai keterampilan pada setiap tahapan dalam melakukan gerakan ini. Berikut merupakan tahapan dalam melakukan bentuk gerakan meroda yang benar:

1. Tahap Awal

Tahapan ini dimulai dengan meletakkan salah satu kaki di depan dengan menekuk sedikit kaki. Kemudian, kaki yang berada di posisi belakang harus lurus, posisikan tangan di atas kepala dan lengan berada di dekat telinga. Pastikan tangan dan lengan dalam keadaan rileks dan tidak kaku. 

2. Letakan Tangan di Tanah

Pada tahap ini cobalah untuk ayunkan tangan mengarah ke alas, baik tanah, lantai maupun matras dengan cara memutar tangan hingga 90 derajat. Tetap pastikan tangan rileks dan tidak kaku guna menghindari cedera.

3. Letakan Kaki di Atas

Tahap ini merupakan tahap dimana anda harus mengusahakan kaki untuk diayunkan ke atas dan pastikan bahwa kaki yang diayunkan pertama kali adalah kaki yang akan mendarat lebih dahulu. 

4. Tahap Mendarat 

Saat melakukan tahap ini, cara mendarat yang benar sangat diperhatikan, yaitu mendarat dengan arah menyamping dan menghadap ke arah berlawanan dari tempat ketika memulai mengayunkan tangan dan kaki. Posisi lengan harus berada di dekat telinga dan posisi kaki sama seperti tahap awal yaitu kaki depan sedikit ditekuk dan kaki bagian belakang harus lurus. (haya aulia)
 

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.5917 seconds [12]