Ragam Lainnya | Detail

Sportpedia: Bentuk-Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani

Furqon Al Fauzi
Kamis, 09 Juni 2022, 23:25 WIB
Sportpedia: Bentuk-Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani
Manfaat sit up bagi kesehatan tubuh tidak bisa dianggap remeh. (Foto: Lemonilo.com)

BERIKUT Bentuk-bentuk latihan kebugaran jasmani yang patut perlu diketahui. Latihan ini biasanya digunakan untuk memperkuat, mempercepat, memberikan kelenturan, dan segala unsur-unsur kebugaran jasmani untuk tubuh kita. 

Jika kita ingin tubuh menjadi bugar maka harus berlatih dan melakukan aktivitas olahraga seperti ini. Berikut adalah bentuk latihan kebugaran jasmani.

1. Push Up

Ilustrasi 5 manfaat push up bagi kesehatan (Foto: Unsplash)
Ilustrasi 5 manfaat push up bagi kesehatan (Foto: Unsplash)


Push up merupakan salah satu bentuk latihan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Olahraga ini termasuk ke dalam jenis olahraga calisthenic. 

Artinya jenis olahraga ini memiliki fungsi untuk menguatkan otot dada, bahu, dan juga trisep. Bahkan gerakan push up dapat membentuk otot punggung bawah dan juga perut.

Beberapa hal perlu diperhatikan saat melakukan push up seperti, memperhatikan pergerakan posisi tangan, selalu menghadap ke depan, dan perhatikan gerakan naik turun secara tetap. Push up ini tentunya sangat efektif untuk meningkatkan massa otot dan kesehatan jantung kalian.

2. Back Lift
Back lift ini berfungsi untuk membentuk otot pada bagian punggung agar lebih kekar dan simetris. Latihan ini dilakukan dengan cara badan dan kepala menghadap ke lantai secara lurus, lalu perlahan menggerakan dada hingga kepala naik dan turun secara maksimal.

Manfaat kegiatan back lift ini untuk meningkatkan kekuatan tubuh, menurunkan berat badan, mengurangi risiko cedera, membentuk dan memperbaiki postur tubuh.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1425 seconds [13]