Hobi | Detail

Sportpedia: 9 Jenis Pukulan dalam Permainan Tenis Meja

Tim Sportstars
Senin, 22 November 2021, 22:21 WIB
Sportpedia: 9 Jenis Pukulan dalam Permainan Tenis Meja
Turnamen Tapti Valley International School di Gujarat akan mempertemukan beragam jenis pukulan dalam permainan tenis meja. (Foto: @taptivalley)

MIRIP tenis lapangan ada beberapa jenis pukulan dalam permainan tenis meja. Permainan tenis meja cukup populer, tenis meja juga merupakan olahraga yang cukup kompetitif di beberapa benua, seperti Asia dan Eropa.  

Dibandingkan tenis lapangan, perbedaan paling menonjol adalah media lapangannya. Permainan tenis meja dilakukan di atas meja yang dibagi menjadi 2 sisi dan dipisahkan oleh jaring di tengahnya.  Hal ini bertujuan agar pemain dapat memukul bola hingga melewati net dan memantul pada bagian meja lawan.  

Permainan ini dilakukan dengan cara memukul bola dan memantulkan bola tersebut agar dapat melewati jaring, sehingga dapat memantul di atas meja lawan. Adapun jenis pukulan dalam permainan tenis meja, yaitu:

1. Push

Push merupakan pukulan backspin dasar yang berguna mengubah kecepatan atau mengembalikan pukulan-pukulan tertentu yang rendah dan dekat. Push memiliki 2 jenis pukulan, yaitu forehand dan backhand. Forehand dilakukan dengan cara memegang bet mengarah ke atas dan belakang, kemudian mengayunkan bet dari bawah ke arah depan.

Sedangkan, backhand dilakukan dengan cara mendekatkan bet ke bagian perut dan memiringkan pergelangan tangan ke arah belakang, serta ayunkan bet ke arah bawah agar bola dapat melambung dan memantul ke atas.

2. Block

Block merupakan jenis pukulan dalam permainan tenis meja yang digunakan untuk mengembalikan pukulan smash dari lawan. Pukulan ini termasuk ke dalam pertahanan, akan tetapi dapat menjadi serangan juga. Block dilakukan dengan menggunakan pergelangan tangan guna memberikan variasi terhadap arah saat mengembalikan pukulan dengan kontrol dan kecepatan yang maksimal.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.7099 seconds [13]