Netting | Detail

Sportpedia: 6 Teknik Dasar Bola Voli untuk Pemula

Rifqi Herjoko
Selasa, 10 Agustus 2021, 05:30 WIB
Sportpedia: 6 Teknik Dasar Bola Voli untuk Pemula
Atlet voli Korea Selatan, Pyo Seungju di Olimpiade Tokyo 2020 (Foto: REUTERS/Valentyn Ogirenko)

TEKNIK dasar bola voli perlu diketahui oleh kamu agar nantinya dapat dikuasai dengan baik. Voli adalah sebuah olahraga yang mengharuskan para pemainnya bekerja sama dalam menaruh bola ke daerah lawan.

Olahraga ini pertama kali diperkenalkan di International YMCA Training School, Amerika Serikat pada tahun 1986. Setelah itu, olahraga voli terus berkembang ke belahan dunia lain. Kini, voli dipertandingkan dalam banyak turnamen, baik lokal maupun internasional.

Jika ingin mahir bermain voli, setidaknya seseorang harus mengetahui teknik dasar dalam melakukan olahraga tersebut. Lantas, apa saja teknik dasar bola voli yang perlu diketahui? Simak ulasan Sportstars.id berikut ini.

1. Servis

Servis adalah teknik paling pertama yang harus diketahui seseorang yang ingin memperdalam voli. Servis adalah sebuah pukulan tangan yang menandai dimulainya permainan. Ada beberapa jenis servis, seperti servis bawah, floating overhand, overhand round, hook service, dan jumping service.

Dalam melakukan teknik ini, diperlukan kekuatan dan akurasi yang baik. Servis yang sempurna dan tidak bisa dihalau lawan seringkali menghasilkan poin.             

2. Passing Bawah

Passing bawag atau umpan bawah, umumnya dilakukan setelah menerima servis bola yang dilancarkan lawan. Cara melakukannya adalah dengan memberikan umpan ke rekan setim dengan meluruskan kedua tangan secara sejajar.

3. Passing Atas

Umpan atas secara prinsipnya hampir sama dengan umpan bawah. Hanya saja, yang membedakan adalah posisi tangan dan tenaga yang dikeluarkan untuk memberikan umpan kepada rekan kita.

Pada umpan atas, posisikan kedua tangan kita membentuk segitiga. Kedua tangan harus berada sejajar atau sedikit di atas kepala. Setelah bola berada di tangan, keluarkan sedikit tenaga untuk memantulkannya kembali ke tujuan yang kita inginkan. 

4. Smash

Smash adalah sebuah teknik yang dilakukan dengan tujuan membuat bola jatuh ke area lawan. Cara melakukannya adalah dengan memukul bola secara keras dan penuh tenaga. Arahkan bola ke daerah lawan dan usahakan melewati net. Jika diperlukan, pemain bisa melakukan sedikit lompatan.

5. Blocking

Blocking adalah sebuah teknik yang dilakukan untuk menghalau bola yang diarahkan oleh lawan. Teknik ini perlu dilakukan agar tim lawan tidak mendapatkan poin.

6. Set Up

Teknik terakhir adalah set up. Teknik ini dilakukan untuk menyusun strategi. Cara melakukan set up adalah dengan cara memosisikan badan para pemain, baik itu ke depan, ke belakang, atau ke samping.

Editor : Saliki Dwi Saputra

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.3594 seconds [12]