Hobi | Detail

Sportpedia: 6 Jenis Tendangan dalam Pencak Silat

Tim Sportstars
Kamis, 18 November 2021, 22:30 WIB
 Sportpedia: 6 Jenis Tendangan dalam Pencak Silat
Beberapa jenis tendangan dalam pencak silat tersaji di Pagelaran Seni Pencak Silat Korem 091/Aji Surya Natakesuma. (Foto: @korem091asn)

DALAM olahraga bela diri ada berbagai teknik dasar menyerang, salah satunya adalah jenis tendangan dalam pencak silat. Olahraga seni bela diri ini sudah dikenal lama di Indonesia diambil dari dua kata, yaitu pencak yang menyimbolkan seni dan keindahan gerakan juga kata silat berarti bela diri. 

Kata pencak awalnya lebih dikenal di kawasan pulau Jawa, sedangkan silat lebih dikenal di pulau Sumatera dan Kalimantan. Namun kini di Indonesia sudah mengenal kata pencak silat yang merupakan seni bela diri.

Pencak silat memang identik dengan keindahan gerakannya, namun teknik penyerangan yang ada juga tak kalah apik. Untuk menguasai pencak silat, perlu untuk anda mengetahui serangan-serangan yang bisa dilakukan. Salah satu serangan yang ada yaitu menggunakan tendangan. Setidaknya ada 6 jenis tendangan dalam pencak silat yang bisa anda praktekan saat melakukan olahraga ini. 

1. Tendangan Lurus 

Salah satu jenis tendangan yang dikenal dalam olahraga pencak silat ialah tendangan lurus. Tendangan lurus merupakan tendangan yang menggunakan ujung kaki dengan tungkai lurus. Arah dari tengan ini tepat ke depan sasaran dengan meluruskan tungkai sampai ujung kaki. Saat menendang dengan teknik ini, bagian kaki yang akan terkena adalah pangkal dalam jari-jari kaki. 

2. Tendangan ‘T’

Berbeda dengan tendangan lurus, jenis tendangan T ini biasa digunakan untuk menyerang bagian samping tubuh. Tendangan dilakukan dengan posisi tubuh menyamping dan lintasan tendangan lurus ke samping membentuk huruf ‘T’. Untuk melakukan tendangan ini gunakan bagian tajam telapak kaki luar. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 1.0157 seconds [12]