Hobi | Detail

Sportpedia: 5 Manfaat Sit Up Bagi Kesehatan

Muammar Yahya Herdana
Rabu, 14 Juli 2021, 12:09 WIB
Sportpedia: 5 Manfaat Sit Up Bagi Kesehatan
Manfaat sit up bagi kesehatan tubuh tidak bisa dianggap remeh. (Foto: Lemonilo.com)

MANFAAT sit up bagi kesehatan tubuh tidak bisa dianggap remeh. Gerakan yang satu ini sudah dikenal oleh banyak orang. Meski gerakannya terlihat sepele, sit up memiliki dampak yang sangat baik.

Pada umumnya, sit up biasa dibarengi dengan beberapa gerakan lainnya, seperti push up. Bagi seorang atlet, atau orang yang sering melakukan olahraga, gerakan-gerakan tersebut menjadi wajib dilakukan sehari-hari.

Cara melakukan gerakan ini cukup sederhana. Kita hanya harus terlentang di sebuah matras sambil mengangkat dengkul kita dan kaki bertumpu pada matras, dan posisi tangan diletakan di belakang kepala. Setelah itu, kita cukup bangun hingga badan mendekati lutut dan kembali ke posisi semula.

Lalu apa saja manfaatnya? Berikut kami rangkum lima manfaat sit up bagi kesehatan tubuh.

1. Menjaga Kekuatan Otot

Sit up merupakan salah satu  gerakan pemanasan yang sering dilakukan sebelum melakukan olahraga. Gerakannya yang relatif mudah, membuat beberapa orang menjadikan sit up sebagai gerakan pemanasan wajib mereka.

Gerakan ini akan meningkatkan kekuatan pada otot yang ada di tubuh kita, terutama yang ada di bagian perut. Dengan masa otot yang sehat, kita akan mampu menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa ada masalah yang berarti.

2. Memperlancar Peredaran Darah

Peredaran darah manusia berperan vital untuk kesehatan organ-organ tubuh kita. Pasalnya, darah menjadi salah satu media yang mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh yang membuat seluruh organ berfungsi sebagaimana mestinya.

Dengan melakukan sit up, otot kita akan membantu melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh kita. Sehingga kita dapat memastikan bahwa semua organ tubuh mendapat asupan oksigen yang cukup sehingga terhindar dari kerusakan.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1948 seconds [12]