Hobi | Detail

Sportpedia: 5 Manfaat Push Up Bagi Kesehatan

Hasyim Ashari
Sabtu, 28 Agustus 2021, 01:00 WIB
Sportpedia: 5 Manfaat Push Up Bagi Kesehatan
Ilustrasi 5 manfaat push up bagi kesehatan (Foto: Unsplash)

SPORTPEDIA kali ini akan membahas 5 manfaat push up bagi kesehatan. Push up adalah salah satu gerakan latihan yang sangat umum dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. 

Hal inilah yang membuat push up dapat dimasukkan dalam program latihan. Selain itu, olahraga ini juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan terutama untuk otot tubuh.

Push up bisa dilakukan setelah bangun tidur atau sebelum memulai aktifitas olahraga saat sore hari. Jenis olahraga ini juga murah dan banyak memiliki manfaat untuk semua anggota tubuh. 

Berikut Sportstars.id rangkum lima manfaat push up secara rutin bagi kesehatan:

1. Membentuk otot tubuh

Saat melakukan push up beberapa otot bagian bahu depan, dada, serta lengan bekerja sangat kuat. Gerakan push up yang dilakukan secara rutin, akan menguatkan dan menaikan massa otot.

Pada bagian biseps dan triseps lengan akan menarik kekuatan otot tubuh. Semua otot penggerak akan bekerja untuk bagian dada saat dada melakukan naik dan turun.

2. Memperkuat otot perut

Salah satu inti dari gerakan push up yang benar adalah tidak ada lengkungan pada bagian tulang belakang. Lengkungan biasanya akan terlihat saat badan sedang melakukan naik dan turun.

Gerakan push up yang benar akan terlihat saat semua bagian tulang belakang rata, kaku, dan terlihat stabil. Kesalahan dalam gerakan push up saat tulang belakang ikut tertarik ke bawah saat badan menangkat ke atas, maka akan menyebabkan cedera tulang belakang.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 1.0530 seconds [13]