Hobi | Detail

Sportpedia: 5 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Muammar Yahya Herdana
Minggu, 18 Juli 2021, 12:08 WIB
 Sportpedia: 5 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga
Penyerang AS Megan Rapinoe (15) melakukan pemanasan sebelum melawan Meksiko di Pratt & Whitney Stadium. (Foto: Reuters)

Pemanasan merupakan hal yang penting dilakukan sebelum melakukan olahraga berat. Pemanansan bertujuan melemaskan otot agar tidak terjadi cedera yang dapat berakibat fatal. Jenis pemanasan yang paling sering digunakan adalah dengan melakukan pelatihan kardiovaskular ditambah beberapa macam bentuk peregangan.

Waktu yang dibutuhkan mekalukan pemanasan pun cukup singkat, cukup 5-10 menit badan kita akan siap menjalani olahraga lebih berat. Selain itu, apa saja manfaat lainnya? Berikut lima manfaat pemanasan sebelum olahraga yang dirangkum dari berbagai sumber.

Mengurangi Resiko Cedera

Pemanasan sebelum olahraga dapat mengurangi resiko terjadinya cedera pada tubuh. Pada umunya, otat yang belum dipanaskan akan terasa dingin dan kaku. Jika kita langsung melakukan olahraga berat dengan kondisi tersebut, otot kita berpotensi akan menegang sehingga meningkatkan resiko cedera.

Dengan pemanasan, aliran darah pada tubuh akan semakin lancar, sehingga kelenturan otot juga akan semakin maksimal. Jika tidak berhati-hati otot berpotensi menjadi robek dan akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk dapat kembali pulih.

Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Sendi

Olahraga yang menyebabkan tekanan besar pada persendian diwajibkan melakuakn pemanansan sebelum berolahraga. Hal ini bertujuan meningkatkan performa dan menjaga kesehatan tulang dan sendi.

Pemanasan sebelum olahraga juga dapat meningkatkan kinerja tulang dan persendian dan membuat pergerakan lebih fleksibel. Pemanasan dapat meningkatakan produksi cairan yang berperan sebagai pelumas bagi persendian.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1368 seconds [13]