Hobi | Detail

Sportpedia: 12 Cabang Olahraga Atletik Terpopuler dan Penjelasannya

Tim Sportstars
Jum'at, 22 Oktober 2021, 16:18 WIB
Sportpedia: 12 Cabang Olahraga Atletik Terpopuler dan Penjelasannya
Atlet DKI Jakarta memamerkan perunggu dari medali perunggu di nomor Lari Estafet 4 X 100 Meter yang menjadi satu dari 12 cabang atletik terpopuler. (Foto: PB PON XX Papua / Ady Sesotya)

DARI banyak nomor yang dipertandingan, ada sekitar 12 cabang olahraga atletik yang terpopuler di dunia. Jumlah tersebut dibagi menjadi 4 nomor yaitu, nomor jalan, nomor lari, nomor lompat dan nomor lempar. 

Atletik merupakan salah satu jenis olahraga yang sudah ada sejak 400 SM. Meski pujangga Yunani, Humeros menyatakan dalam bukunya bahwa Atletik sudah ada sejak tahun 1110 SM. Atletik sendiri berasal dari bahasa yunani yaitu “athlon” yang berarti perlombaan, pertandingan, pergulatan dan perjuangan. 

Atletik mulai di perlombakan pertama kali pada olimpiade tahun 776 SM. Di Indonesia olahraga ini mulai ada sejak tahun 1930 saat pemerintah Hindia Belanda lalu dijadikan sebagai mata pelajaran di Sekolah. Induk organisasi dari cabang olahraga atletik di Indonesia adalah PASI (Persatuan Atletik Indonesia). 

PASI dibentuk pada 3 september 1958 dan saat ini diketuai oleh Luhut Binsar Pandjaitan (2021-2025) menggantikan mendiang (Alm) M. Hasan (2016 - 2020). Olahraga ini dibagi menjadi 4 nomor yaitu, nomor jalan, nomor lari, nomor lompat dan nomor lempar. Namun jika di total ada puluhan cabang atletik yang bisa dipertandingankan di setiap ajang olahraga. Berikut adalah 12 Cabang Olahraga Atletik Terpopuler berikut penjelasannya :

1. Jalan Cepat atau Racewalking

Gerakan ini berjalan kedepan terus menerus tanpa terputus, salah satu atau kedua kaki harus ada menyentuh tanah, olahraga ini tidak diperbolehkan melangkah seperti melayang atau membuat lompatan. Jarak jalan cepat yang diperlombakan bagi putra, di lintasan sejauh 20 km, 30 km, 50 km sedangkan untuk putri di lintasan sejauh 10 km dan 20 km sedangkan di jalan raya sejauh 20 km.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.3048 seconds [12]