Hobi | Detail

Sportpedia: 10 Manfaat Lari Pagi untuk Tubuh

Tim Sportstars
Sabtu, 09 Oktober 2021, 05:14 WIB
Sportpedia: 10 Manfaat Lari Pagi untuk Tubuh
10 manfaat lari pagi untuk tubuh yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja (Foto: Istimewa)

SPORTPEDIA kali ini akan membahas 10 manfaat lari pagi untuk tubuh. Olahraga lari atau jogging sering dilakukan di perkotaan atau daerah-daerah yang banyak dihuni keluarga muda. 

Salah satu penyebab lantaran kurangnya waktu yang dimiliki untuk berolahraga di tengah aktivitas yang padat. Terlebih olahraga ini termasuk mudah dilakukan, namun kaya manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Pemilihan waktu lari pun juga menjadi faktor plus untuk menambah kesehatan Anda. Sejumlah dokter dan pakar kesehatan menganjurkan untuk melakuakn lari pada pagi hari. Pasalnya ada banyak manfaat yang bisa dirasakan seperti ulasan berikut ini.

1. Membantu menurunkan berat badan

Lari pagi setengah jam dapat membakar sekitar 300 kalori dengan mudah. Lari pagi mampu meningkatkan metabolisme lebih efektif daripada berjalan kaki. Dengan lari pagi yang efektif ditambah dengan diet yang tepat dapat menjaga, bahkan menurunkan berat badan.

2. Meningkatkan kekuatan tulang

Saat melakukan lari pagi, tulang akan mendapat tekanan dan beban. Hal itu dapat meningkatkan ketebalan tulang dan menangkal masalah seperti osteoporosis, osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Itu juga membuat tulang pinggul dan tulang belakang lebih kuat.

3. Mengembangkan otot

Lari meningkatkan massa otot (Foto: Unsplash)
Lari meningkatkan massa otot (Foto: Unsplash)

Lari pagi dapat membantu tubuh Anda menjadi lebih kencang. Ketika berlari, bagian tubuh dapat melatih otot dan tulang. Gerakan tersebut bagus untuk paha belakang, betis, otot gluteal.

4. Menjaga pikiran tetap senang

Tubuh akan melepaskan hormon yang endorfin saat lari pagi. Hormon tersebut bertugas untuk meningkatkan semangat dan mengembalikan perasaan positif terhadap diri sendiri.

5. Baik untuk jantung

Berlari merupakan latihan kardiovaskular yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Berlari dapat membantu darah dipompa lebih cepat ke jantung, dengan demikian tekanan darah dapat terjaga. Tak cuma itu, berlari juga mengendalikan kadar kolesterol dan glukosa dalam darah.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2981 seconds [13]