Hobi | Detail

Sportpedia: 10 Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan Tubuh

Tim Sportstars
Sabtu, 09 Oktober 2021, 02:13 WIB
Sportpedia: 10 Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan Tubuh
Sportpedia: 10 Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan Tubuh (Foto: unsplash)

SPORTPEDIA kali ini akan membahas 10 manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh. Bersepeda menjadi olahraga yang digandrungi di masa pandemi.

Selain mudah dan menyenangkan, olahraga ini menjadi bagian gaya hidup di sejumlah kota-kota besar di Indonesia. Wajar apabila kemudian bersepeda semakin digemari banyak orang di berbagai usia.

Namun terlepas dari gaya hidup kekinian, bersepeda turut membawa dampak baik bagi tubuh. Berikut Sportstars.id hadirkan 10 manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh:

1. Mengontrol berat badan

Bersepeda menjadi salah satu cara terbaik untuk mengontrol serta mengurangi berat badan. Hal ini dikarenakan melalui bersepeda kerja metabolisme tubuh meningkat. Proses itu mempengaruhi kegiatan membangun otot dan membakar lemak tubuh.

2. Terhindar dari Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular termasuk didalamnya stroke, tekanan darah tinggi dan serangan jantung. Melalui studi yang dilakukan di Denmark selama 14 tahun pada 30.000 orang di rentang usia 20 hingga 93 tahun, bersepeda secara teratur dapat melindungi orang dari penyakit jantung.

3. Menurunkan risiko diabetes

Pembalap Aston Martin F1 Team, Sebastian Vettel, mengendarai sepeda ke Sirkuit Monza (Foto: Reuters/Jennifer Lorenzini)
Pembalap Aston Martin F1 Team, Sebastian Vettel, mengendarai sepeda ke Sirkuit Monza (Foto: Reuters/Jennifer Lorenzini)

Diabetes sering dianggap dikarenakan oleh kurangnya aktivitas fisik. Bersepeda terbukti sebagai salah satu olahraga yang aktif menggerakkan sebagian besar anggota tubuh. Rutin bersepeda selama 30 menit mampu mengurangi risiko terkena diabetes sebesar 40 persen.

4. Meningkatkan kekuatan tulang

Bersepeda dapat meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi dalam tubuh. Ini juga berpengaruh terhadap meningkatkan kestabilan tulang dan mencegah tubuh dari hilangnya koordinasi yang menyebabkan seseorang gampang jatuh.

5. Mengurangi stress dan memperbaiki kesehatan mental

Mengayuh sepeda disinyalir dapat membawa perasaan senang. Penyakit mental seperti depresi, stres, serta kecemasan diyakini dapat berkurang dengan mengendarai sepeda secara teratur.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1450 seconds [13]