Liga Inggris | Detail

Sosok Amanda Staveley, Wanita di Balik Akuisisi Newcastle: Pernah Tolak Lamaran Pangeran Kerajaan Inggris

Andhika Khoirul Huda
Senin, 11 Oktober 2021, 11:59 WIB
Sosok Amanda Staveley, Wanita di Balik Akuisisi Newcastle: Pernah Tolak Lamaran  Pangeran Kerajaan Inggris
Amanda Staveley, sosok penting di balik pengakuisisian pangeran Arab terhadap Newcastle United (FOTO: Reuters/Lee Smith).

NEWCASTLEAmanda Staveley yang menjadi figur di balik pembelian Newcastle United menjadi pembicaraan hangat sepekan terakhir.  Bagaimana tidak, saat ini klub Liga Inggris Newcastle United menjadi tim yang mendadak kaya usai dibeli oleh Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman.

Namun, siapa sebenarnya yang menjadi makelar Mohammed bin Salman (MBS), untuk mengambil alih klub tersebut?  Amanda Staveley lahir di Ripon, Britania Raya pada 11 April 1973. Dia menjadi figur yang berhasil memperantarai proses akuisisi Newcastle dari Mike Ashley ke MBS. Kabarnya, pengambilalihan itu bernilai 300 juta poundsterling atau kurang lebih senilai Rp5,8 triliun.

Berkat jasanya, kini  Amanda memegang 10% saham The Magpies –julukan Newcastle. Hal itu telah menjadi kesepakatannya dengan MBS dan dia juga akan mengisi kursi dewan klub.

Sebelum terjun ke dunia bisnis, Amanda berkarir di dunia model. Dengan wajah cantiknya itu dia berhasil memikat hati Pangeran Andrew dari Kerajaan Inggris pada awal 2000-an.

Setelah itu, mereka pun menjalin hubungan sebagai sepasang kekasih. Amanda pun telah diajak ke Istana Buckingham dan dikenalkan kepada Ratu Elizabeth II dan Pangeran Phillip.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.3867 seconds [13]